fbpx

Tepung ZEOLIT-08563179890

25 September 2020 - Kategori Blog

APAKAH TEPUNG ZEOLIT ITU ????????

Tepung

Tepung Zeolit yaitu adalah senyawa dari zat kimia aluminosilikat berhidrat dengan kation natrium,barium dan kalium.
Secara universal, Zeolit mempunyai melekular sruktur yang terbilang unik, di mana atom silikon yang dikelilingi oleh 4 atom oksigen sehingga membentuk semacam jaringan pola yang teratur.
di beberapa tempat di jaringan tersebut, atom Silicon digantikan degan atom Aluminium, yang hanya terkoordinasi dengan 3 atom Oksigen. Atom Aluminium ini hanya memiliki muatan 3+, sedangkan Silicon sendiri memiliki muatan 4+. Keberadaan atom Aluminium ini secara keseluruhan akan menyebababkan Zeolit memiliki muatan negatif. Muatan negatif inilah yang menyebabkan Zeolit mampu mengikat kation.

Ada beberapa kegunaan dari tepung zeolit ini untuk mengatasi limbah disekitar kita dari masalah air yang kotor, pakan ternak dan masalah bau limbah dari peternakan.

1. Karakteristik Zeolit dan Fungsi untuk Menjernihkan air

Tepung

Pencemaran air di Negara kita terbilang sangat serius. Bisa kita lihat, hampir semua aliran sungai yang ada di negara ini memiliki kualitas air yang buruk. Terkadang di beberapa daerah, untuk mendapatkan air bersih pun terasa sulit di kala musim kemarau datang.

Hal ini menandakan bahwa pemerintah harus cepat mengambil tindakan untuk mengatasi masalah masalah tersebut, yaitu dengan menciptakan terobosan baru mengenai penjernihan air.

Untuk menjalankan proses penjernihan air, perlu pemahaman dan pengetahuan terkait dengan bahan yang pas digunakan. yaitu Zeolite salah satu bahan yang dapat menjernihkan air.

Upaya penjernihan air tersebut merujuk pada treatment memfilter dan menghilangkan partikel ketidakmurnian air, seperti mikroorganisme, Suspended Solids atau Dissolved Substances pada beragam jenis air.

Penelitian menunjukan, zeolite adalah bahan yang memiliki tingkat kemurnian tinggi dan jauh lebih efektif dalam hal menghilangkan partikel-partikel ketidakmurnian tersebut apabila dibandingkan dengan bahan lainnya.


Karakteristik Zeolite

  • Zeolite memiliki permukaan internal dan eksternal yang cukup besar sehingga mampu menghasilkan kapasitas pengikat ion yang tinggi.

  • Memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai kation logam berat seperti Zinc, Copper, Silver, Lead, Cobalt, dan Nickel.

  • Efektif dalam memfilter partikel polutan dan menyerap air bersih.

  • Zeolite tergolong ke dalam GRAS (Generally Regarded As Safe), yaitu senyawa yang aman bagi manusia dan hewan.

Fungsi Zeolite

  • Mampu menstabilkan kadar amonia saat filter biologis digunakan

  • Menyediakan permukaan yang besar untuk proses nitrifikasi oleh bakteri

  • Mampu menyerap senyawa organik dan logam berat, sehingga air menjadi aman untuk dikonsumsi

  • Menstabilkan pH air

  • Mencegah tumbuhnya alga yang dapat mengganggu aktivitas ikan

 

2. Manfaat Tepung Zeolit Sebagai Imbuhan Pakan Ternak

Tepung

Zeolit mempunyai banyak manfaat yaitu sebagai imbuhan pakan ternak, karena mineral yang mempunyai warna abu-abu ini punya daya absorbsi tinggi.

Selain dari itu, zeolit mengandung mineral kapur dan fosfor, sehingga cocok diaplikasikan buat campuran ransum pakan yang kekurangan kapur dan fosfor.

Zeolit sering digunakan sebagai feed additive pada pakan ternak seperti sapi, kuda, ayam dan babi.

Beberapa manfaat zeolit sebagai imbuhan pakan ternak, yaitu :

  • Partikel-partikel yang terdapat pada zeolit menstimulan lapisan saluran pencernaan ternak sehingga dapat membentuk antibodi yang membantu ternak bertahan terhadap serangan penyakit.

  • Zeolit mampu menghambat laju dari pakan dalam saluran pencernaan, sehingga lebih banyak penyerapan zat-zat makanan oleh ternak.

  • Mengurangi pengaruh dari keracunan Ammonia yang tinggi dalam cairan rumen (bagian lambung ternak memamahbiak), terutama saat ruminansia diberikan ransum pakan yang mengandung urea dan biuret.

3. Manfaat mineral zeolit untuk Tambak

Tepung zeolitSelang Drip Irigasi Plastik 100 persen Hasil MaksimalSelang Drip Irigasi Plastik 100 persen Hasil Maksimal

Zeolit adalah mineral alami yang berbahan dasar kelompok alumunium silikat yang terhidrasi logam alkali dan alkali tanah. Mineral zeolit berwarna abu-abu sampai kebiru-biruan. Clinoptilolite adalah jenis mineral zeolit alami yang punya banyak kegunaan.

Dalam budidaya perikanan, Clinoptilolite dapat dimanfaatkan untuk membantu mengendalikan kualitas tanah yang ada di dasar tambak. Bentuk Clinoptilolite seperti kristal dan memiliki beragam warna, yaitu putih, kuning, merah muda, dan coklat pucat.

Berbagai manfaat dari mineral zeolit untuk tambak, yaitu:

  • Karena punya daya absorbsi tinggi, mineral zeolit dapat mereduksi gas-gas dalam pakan udang yang tersisa (tidak termakan), maupun gas berasal dari metabolisme organisme lain yang hidup didasar tambak.

  • Mineral Zeolit mampu mengikat logam – logam berat di dalam air maupun tanah dasar tambak yang dapat mengancam kelangsungan hidup ikan/udang, seperti Pb, Fe, Hg, Sn, Bi dan AS.

  • Mineral yang terdapat didalam zeolit dapat mengembalikan mineral tanah dasar tambak yang hilang selama masa operasional produksi, sehingga kesuburan tanah dasar tambak dapat kembali.

  • Karena zeolit mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, udang di tambak dapat tercegah dari penyakit kulit lembek.

  • Menjaga kestabilan suhu air, serta menjaga derajat keasaman (pH) air di kolam/tambak.

  • Menaikkan kadar oksigen terlarut dalam air

  • Membantu pertumbuhan fitoplankton di tambak, sehingga pakan alami untuk udang selalu terjaga ketersediannya.

Berikut penjelasan 100 manfaat dari Tepung ZEOLIT, dan untuk pembelian tepung ZEOLIT ini anda bisa langsung menghubungi admin kami di nomor bawah ini :
Chat dan Informasi lebih lanjut ke :
Nomor :

08563179890 ( cs1)
082143578739 ( cs2)

Sumber di dapat dari ISW

, , , , , ,