fbpx

Tanaman Wortel

02 Juni 2018 - Kategori Blog

 


Kali ini kami akan menshare sebuah video “Review Wortel”
Seperti apakah Video Reviewnya ?
Cekidot gan !
Wortel adalah tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

MANFAAT WORTEL
1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan.
2. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker.
3. Membantu Memperlambat Penuaan.
4. Membantu Menyehatkan Kulit.
5. Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi.
6. Menyehatkan Kulit Dari Luar.
7. Mencegah Penyakit Jantung.
8. Menurunkan Kolesterol.
9. Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami.
10. Wortel Mentah Untuk Menyehatkan Gigi Dan Gusi.
11. Mencegah Penyakit Stroke.

EFEK DARI KONSUMSI WORTEL BERLEBIHAN

1. Menyebabkan Perubahan Warna Kulit

Berdasarkan diet 200 kalori, segelas jus wortel mengandung 430 persen nilai harian yang disarankan untuk dikonsumsi. Namun jika kamu mengkonsumsi wortel sebanyak 8 ons setiap harinya, maka itu juga sama dengan wortel dapat memberikan 2 kali lipat dari total jumlah tersebut.

Mengkonsumsi wortel dengan jumlah besar bukan berarti menjauhkan dirimu dari resiko kelebihan vitamin A. Ini dikarenakan tubuh kita hanya bisa mengubah beta karoten yang diperlukan saja.

Meskipun begitu, mengkonsumsi wortel yang melebihi ambang batas kewajaran juga dapat menyebabkan tubuhmu mengalami gangguan kondisi medis berupa perubahan warna kulit atau carotenemia.

Biasanya gangguan kondisi medis tersebut nampak jelas di area telapak tangan, kaki dan telinga. Carotenemia akan hilang dengan sendirinya jika konsumsi wortel mulai berkurang.

2. Timbul Berbagai Gangguan Pada Usus

Ketika kita konsumsi wortel, maka kita akan mendapat 4 sampai 5 gram serat yang dibutuhkan. Akan tetapi, terlalu banyak konsumsi serat yang berlebihan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan.

Dikutip dari penjelasan Dept. Pertanian Amerika Serikat, serat yang dikonsumsi secara berlebih ternyata dapat menyebabkan gangguan kelancaran kerja usus.

Sehingga kualitas buang air besar / BAB pun menjadi buruk sampai akhirnya sistem pencernaan sendiri yang akan beradaptasi dengan asupan serat tinggi tersebut.

Tak hanya itu saja, konsumsi serat secara berlebihan juga dapat menyebabkan potensi timbulnya penyakit sembelit. Terlebih lagi jika kamu tidak meminum cairan yang dapat membantu serat bergerak melalui sistem pencernaan.

3. Efek Samping Lainnya Yang Juga Berpotensi

Meskipun wortel mampu membantu tubuhmu untuk memperoleh kandungan kalium, serat, magnesium dan berbagai macam vitamin (C, B6, K), terlepas dari itu wortel bukan sumber terbaik dalam mencukupi asupan vitamin itu semua.

Wortel memiliki kandungan lemak yang amat rendah, sebab itu tubuh manusia sangat memerlukan lemak agar dapat berfungsi dalam penyerapan vitamin A dan beta karoten.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk konsumsi berbagai jenis makan variasi. Tentunya hal itu semua dimaksudkan agar kebutuhan gizi kita tetap tercukupi dengan baik.

CIRI-CIRI WORTEL
1. Daun menyirip ganda dua atau tiga dan bertangkai, tangkai daun kaku dan tebal .
2. Batang berbentuk bulat , tidak berkayu agak keras dan berdiameter 1-1.5 cm.
3. Biji tanaman wortel merupakan biji tertutup dan berkeping dua.
4. Tanaman wortel memilki akar serabut dan tunggang.
5. Bunga tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman.
6. Umbian pada tanaman wortel terbentuk dari akar tunggang.

BENIH UNGGUL WORTEL
1. Benih Wortel NEW NANTES CARROT
Panjang Buah 18-20 cm
Umur Panen 85 HST