fbpx

Selang Drip Bangau Panduan Lengkap Irigasi Selang Drip

02 Januari 2019 - Kategori Blog

Selang Drip Hydrosol

Selang Drip Bangau Hydrosol Produk Resmi CV.Sumber Plastik. Selang Drip Bangau irigasi Pertanian, Sangat Mudah Untuk  irigasi di lahan Persawahan dan perkebunan bisa disebut irigasi tetes ( Drip irrigation) Cara Pemasangan selang drip adalah di bawah plastik mulsa dan di aliri air menggunakan Pompa air pada ujungnya.

 

Selang drip Merupakan selang berbahan plastik PE (polyetylen), dengan bahan yang kuat mampu bertahan hingga 5 tahun pemakaian,bisa di gunakan untuk berbagai jenis tanaman seperti Semangka,Cabai,Tomat,terong,Bawang merah,Melon,dan sebagainya, Selang drip juga sering di gunakan untuk penyiraman bibit tanaman seperti bibit Kelapa Sawit.

Jenis Selang Drip

Pada saat ini banyak jenis dan merk dengan beragam kualitas mulai dari yang murah hingga yang mahal, Harga tergantung kualitas dan model.

Selang drip non lubang, Jenis Selang drip ini tidak ada lubangnya di bagian lapisan drip, Anda harus melubanginya sendiri, Namu selang drip non lubang memudahkan kita untuk menempatkan lubangnya di area Tanaman, Karena Anda bisa custom sendiri, Harga juga lebih murah di bandingkan yang sudah ada lubangnya.

Selang Drip Berlubang selang drip berlubang, bawaan dari pabriknya selang ini sudah berlubang, jadi Anda harus menyesuaikan lubang tanaman pada lubang selang drip, namun kelebihan selang drip ini adalah saluran air yang lancar membuat, proses saluran irigasi menjadi lancar.

Cara Pemasangan Selang Drip

1. Ukur terlebih dahulu bedengan yang akan di pasang selang drip, Tujuanya adalah untuk mengetahui berapa banyak selang drip yang akan Anda butuhkan, Selang drip bisa di pasang 1 atau 2 setiap bedengan, Tergantung kebutuhan, panjang selang drip harus lebih panjang dari bedengan.

2. Siapkan selang induk ukuran diameter 2 atau 3 inci, Untuk mengubungkan selang induk dengan selang drip di perlukan Connector Layflat, atau Connector kepala layflat untuk menyambungkan selang induk dengan selang drip ukuran 5/8″-3/4″ inci.

3. Lubangi selang induk dengan lubang sedikit lebih kecil daripada diameter connector, Supaya kuat da tidak bocor/span, Supaya lebih kuat Anda bisa memasang ring dengan karet atau plastik yang di buat sendiri,bisa mengggukan ban bekas.

4. Siapkan Selang Utama 2 dim ini di gunakan sebagai penghubung antara selang drip dengan Connector Selang drip, Setelah Semuanya sudah selesai setiap ujung Conenector selang drip di kait kan dengan selang 3 dim, Kemudian hidupkan pompa untuk mengetahui apakah selang drip berfungsi dengan baik atau tidak.

5. Pastikan waktu memasang selang drip, Plastik mulsa sudah di lubangi supaya posisi lubang selang drip tepat pada tanaman. Air yang di gunakan untuk irigasi sebaiknya air yang bersih, tujuanya agar lubang pada selang drip tidak tersumbat dengan kotoran yang terbawa air.

 

Semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu Anda dalam proses pemasangan irigasi selang drip.
Jika Anda menyukai Artikel kami Share ke teman-teman Petania yang lain. Semoga Bermanfaat.!!

, , , , ,