fbpx

Potensi Budidaya Ikan lele Jangka Panjang

13 Februari 2020 - Kategori Blog

Potensi Budidaya Ikan lele Jangka Panjang

Potensi Usaha Berternak Ikan Lele,- Apakah kamu memiliki kolam ikan yang tidak terpakai dengan tempat yang sempit dan tidak tahu akan dijadikan buat apa? Keep calm, Kamu tidak perlu mengkhawatirkannya  karena ada solusi sebagai peluang bisnis yang bisa di manfaatkan yakni dengan berternak ikan lele.

Mungkin kamu berfikir kenapa ikan lele ? Karena ikan lele yang bisa hidup dalam segala kondisi apapun baik di lumpur maupun di tempat yang sempit. Perawatan ikan lele juga sangat mudah tidak terlalu memakan waktu. budidayanya juga tidak memakan modal yang tinggi.

Potensi bisnis seperti ini sangat menggiurkan bagaimana tidak, Coba perhatikan saat ini saja banyak sekali tempat makan seperti restoran, warung kaki lima, dan warung2 kecil yang menjual aneka jenis menu olahan lele baik  di jadikan abon lele, lalapan lele, bahkan brownis lele, bisa terbayang kan seberapa besar potensinya. bahkan kamu sendiri bisa menjadi distributor dari restoran dan warung2 tersebut.

Bagaimana sih potensi usaha ternak lele tersebut ? Benarkah bisnis tersebut memiliki prospek yang menguntungkan? Berikut analisanya :

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Ternak Lele

Ketika kamu sudah memutuskan untuk terjun dan memanfaatkan kesempatan beternak ikan lele sebagai bisnis. Ada beberapa hal yang harus kamu analisa matang2 diantaranya adalah modal yang harus di keluarkan, dan memperkirakan untung atau hasil yang bisa di dapatkan dan sebagainya.

Berikut contoh analisa modal dan keuntungan dalam berbisnis ternak lele :

  • Bibit Lele (5000 ekor x 200 rupiah) : Rp. 1.000.000
  • Pakan Lele selama 2 bulan (160 kg x Rp .8.000) : Rp. 1.280.000
  • Biaya lain-lain : Rp. 300.000

Total    : Rp. 2.580.000

Apabila perkiraan panen dengan jumlah persentasi kematian dari ikan 25% dari 5000 ekor bibit ikan lele yang kamu ternakan, maka ikan lele yang siap di panen sisanya dengan jumlah 3.750. Kita asumsikan bahwa harga per-kilonya untuk ikan lele adalah Rp.10.000. Apabila 1 kilogramnya berisi 7 ekor ikan lele, maka kamu akan mendapatkan hasil 536 kg. Jadi untung yang di peroleh dalam satu kali panen adalah sebagai berikut:

  • Hasil satu kali panen (536 Kg x Rp.10.000) : Rp. 5.360.000
  • Keuntungan (Rp.5.360.000 – Rp.2.580.000) : Rp. 2.780.000

Nominal di atas tentu saja hanya perkiraan kasar, pada kenyataannya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau malah sebaliknya. Banyak masalah yang bisa mempengaruhinya hasilnya misalnya dari jumlah kematian, harga bibit ikan, harga pakan, hingga harga jual ikan lele di pasaran.

Walau demikian, dari jumlah angka perkiraan tersebut yang keuntungannya mencapai 2 juta lebih untuk sekali masa pemanenan, Dengan demikian usaha berternak ikan lele patut kamu perhitungkan, kamu bisa pilih sebagai usaha sampingan atau bahkan bisa sebagai usaha utama kamu.

Berikut Tips Mengoptimasi Usaha Budidaya Ikan Lele

Memilih Bibit Lele Unggul

Supaya bisnis budidaya ikan lele lebih menguntungkan, pilih bibit ikan yang memiliki kualitas super bagus. Jenis ikan lele yang bisa kamu budidayakan antara lain yaitu seperti ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang, ikan lele phyton, ikan lele mutiara, ataupun ikan lele masamo.

Dari beberapa jenis ikan lele tersebut, ikan masamo lah salah satu yang paling ungul dibandingkan dengan jenis ikan lele lain. Keunggulan ikan lele masamo yaitu dari segi ukuran tubuhnya yang besar dan seragam, dan memiliki ketahanan dari serangan penyakit, tidak kanibal, dan cepat dipanen.

Pemilihan Pasar Penjualan Yang Tepat

Pemilihan pemasaran yang tapat karena kamu harus memasok ikan lele ke warung2 makan atau restoran yang terpecaya, harus di pastikan juga untuk rekan bisnis kamu bisa dipercaya dan diandalkan, tentunya harus bisa mengoptimalkan keuntungan yang bagus untuk perkembangan bisnis kamu. Pada umumnya untuk memasuki ke pasar tersebut, ada pengepul khusus yang siap mengumpulkan ikan lele hasil panenan para peternak. Biasanya para pengepul tersebut yang juga menyediakan bibit-bibit ikan lele serta pakan ikan yang di butuhkan, sehingga para peternak tidak perlu repot-repot lagi mencari bibit ikan, pakan ikan hingga saat menjual hasil panennya.

Baca Juga Untuk Info Budidaya Ikan lele :

1. Bahan Kolam Terpal Terbaik Untuk Budidaya Ikan
2. Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kolam Terpal
3. Manfaat Memakai Kolam Terpal Wajib Kamu Ketahui

 #kolamterpal

 

 

, , , ,