fbpx

Petunjuk Umum Budidaya Jambu Air

29 Agustus 2018 - Kategori Blog

Jambu air ialah tumbuhan yang bersumber awal Asia Tenggara. tumbuhan ini tergolong dalam kelompok myrtaceae (jambu-jambuan). Budidaya jambu air lumayan gampang jika dilakukan di wilayah tropis seperti Indonesia.

Potensi pasarnya lumayan besar, penduduk mengkonsumsi jambu juga sebagai buah mejad atau makanan olahan seperti rujak dan manisan. Buah sehat yang kaya akan muatan air ini termasuk buah musiman, ketersedian melimpah buat musim-musim tertentu.

Mempelajari jenis-jenis jambu air

Jambu air mempunyai aneka type dengan wujud. Beberapa type jambu air yang banyak ditemui di pasaran antara lain:

  • Jambu air cengkih
  • Jambu ar madu
  • Jambu air king citra
  • Jambu air kampret
  • Jambu air king rose
  • Jambu air lilin
  • Jambu air maduran
  • Jambu air irung petruk
  • Jambu air kancing

Metode budidaya jambu air

a. area budidaya

Jambu air berkembang baik pada ketinggian jarak 5 – 500 meter dari permukaan laut. apabila tanaman di tanam di daerah lebih tinggi hasilnya kurang optimal. Atau setidaknya butuh perawatan yang lebih kusus supaya produktivitasnya memuaskan.

tumbuhan ini menginginkan penyinaran mentari langsung dengan insentitas sektar 40-80 % dalam sehari. temperatur optimal terhadap perkembangannya berkisar 10-28°C dengan tigkat kelembaban 50-80%.

b. Pembibitan

perbanyakan tumbuhan jambu air dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu metode generatif dan vegetatif. metode generatif merupakan metode menggandakan tumbuhan dengan biji. metode ini memerlukan waktu yang panjang sejak mulai dari pergandaan, penanaman sampai tumbuhan berhasil berbuah.

sebaliknya metode vegetatif yakni metode pergandaan tumbuhan tidak dengan biji. untuk jambu air dapat dilakukan dengan penyangkokan, okulasi dan penyetekan.

Budidaya jambu air yang memanfaatkan benih vegetatif lebih segera dalam berbuah. faktor ini berlangsung dikarenakan sejatinya tumbuhan telah mempunyai usia. berlainan dengan benih jambu air yang memanfaatkan biji lantaran pertumbuhan tanaman mesti dengan cara alamiah dan memerlukan waktu lama guna dapat berbuah.

struktur penanaman jambu air dengan benih vegetatif pula amat direkomendaskan guna budidaya memanfaatkan pot atau polibag. dikarenakan benih vegetatif dapat mempunyai ukuran yang lebih pendek namun telah mampu berbuah.

Salah satu pergandaan vegetatif yang terkenal yakni dengan metode cangkok. berikut beberapa tipsnya:

  • memilih induk yang berusia kurang lebih 10 – 15 tahun.
  • Pilh indukan yang mempunyai mutu berkembang atau produktivitas bagus, jambu yang enak, dan lebat.
  • cabang yang dapat dicangkok hendaknya mempunyai fisik bagus dan tidak cacat.
  • Cangkok untuk cabang dan biarkan sampai akar lumayan panang.
  • apabila akar telah panjang, potong dbagian bawah cangkokan dan benih jambu air siap guna di tanam.

Penanaman bibit

sesudah memperoleh benih yang diharapkan, kemudian laksanakan penanaman. penanaman benih jambu air sebaiknya diatur dengan celah kurang lebih 8 x 8 meter supaya daun dapat lega dan tidak saling tindih.

setelah itu buatlah lubang dengan takaran 60 x 60 x 60 cm, biarkan lubang terbuka sewaktu 2-3 hari dapat pula diberikan pupuk kandang juga sebagai pupuk dasarnya.

sesudah itu benih tumbuhan siap dimasukkan ke dalamnya. Tutupi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos lalu guyur. cara penanaman sebaiknya dilakukan guna pagi atau senja hari, supaya sesudah ditanam tanaman tidak segera menerima cahaya terik. tanaman butuh adaptasi supaya tidak stres dengan alam yang baru.

waktu melaksanakan penanaman guna periode kemarau, laksanakan pendirusan tiap pagi dan senja. Sementara jikalau menanam guna periode penghujan perhatikan agar tumbuhan tidak tergenang air dalam waktu yang lama.

perabukan tanaman

perabukan yakni faktor yang wajib dilakukan guna budidaya jambu air supaya tumbuhan sanggup berkembang dengan subur dan menghasilkan buah yang lebat. perabukan jambu air dimulai asal awal tanam, yaitu mencampur pupuk kompos waktu penanaman benih seperti penjelasan di atas.

sesudah perabukan pertama, seterusnya tumbuhan jambu air lumayan memperoleh pupuk 3 bulan sekali atau minimal 2 kali dalam setahun. irigasi butuh di perhatikan supaya tidak tergenang disaat periode hujan dan tidak kekeringan kala periode kemarau datang. metode perabukan jambu air yakni dengan meletakan pupuk pada celah kurang lebih 1 meter asal tumbuhan. buat sebuah lobang dan masukan pupuk di lobang tersebut.

permasalahan gulma dan rumput liar pula utama guna di awasi supaya tumbuhan tidak terganggu pertumbuhanya dikarenakan gulma-gulma. Perhatkan juga permasalahan hama dan penyakit yang sepertinya menyerang. kalau tanaman menderita hama atau penyakit maka jalankan pengurusan secepatnya.

Pemangkasan cabang

guna memperoleh buah yang lebat dan maksimal maka butuh dilakukan pemotongan buat cabang atau dahan-dahan jambu air. pemotongan ini dilakukan supaya tajuk baru dapat terbentuk maka mendapatkan kanopi yang sempurna.

Kanopi dan cabang yang mempunyai potensi berbuah jadi lebih banyak maka dikala guna saatnya berbuah, tanaman dapat mempunyai banyak tangkai yang berbuah.

tidak hanya itu, pemotongan pula dilakukan guna mengurangi tumbuhan jambu air yang terlampaui rimbun. untuk tumbuhan yang terlampaui rimbun banyak cabang yang nantinya tidak berbuah dan jarang terserang cahaya mentari, lebih baik dipotong saja supaya cabang-cabang yang berpontensi berbuah bagus dapat berkembang maksimal.

Pemanenan

disaat jambu air telah mulai sejak berkembang, salah satu hama yang banyak menyerang yakni lalat buah. Lalat buah ini umumnya dapat menyerang bunga yang telah berusia kurang lebih 15 hari dan dapat membuat bunga jadi gugur atau buah jambu air menjad busuk.

guna mengatasi serangan bunga jambu dari hama lalat buah, maka bunga butuh dilakukan pembungkusan. jikalau nyatanya bunga telah menderita hama lalat, maka pengurusan lah yang butuh dilakukan. pengurusan sanggup dilakukan dengan memberikan fungisida juga insektisida dengan dosisi secukupnya.

Jambu air umumnya dapat berbuah 2 kali dalam setahun, yaitu pada kisaran bulan Juni-Agustus dan November-Desember. Panen bisa dilakukan kalau buah telah matang. Matangnya jambu air umumnya ditandai dengan takaran yang gede sesuai( varietas) beralih asal hijau jadi kemerah-merahan tergantung( varietas).

Prose pemanenan dilakukan beberapa kali dengan metode petik pilih. factor ini dilakukan dikarenakan jambu air tidak matang dengan cara bersama-sama maka pemananenan cuma dilakukan guna jambu air yang matang. guna melindungi supaya jambu air mampu tetap segar sedkit lebih lama maka jalankan penyimpanan guna lemari pendingin.

guna budidaya jambu air memakai benih cangkokan, jambu air mampu berbuah sesudah 8-12 bulan sesudah penanaman. meski buah tidak terlampaui banyak sebab tangkai pula juga sedikit. Jambu air dapat mulai banyak berbuah dikala telah menginjak tahun ke 3 atau ke 4.

Sekilas berkaitan hama penyakit tanaman

tumbuhan jambu air dan seluruh tumbuhan lain telah barang tentu banyak hama dan penyakit yang biasa menyerang. Berikut dapat kami sampaikan beberapa hama yang umumnya senang menyerang (bukan cuma jambu, tumbuhan lain pula bisa kena hama/ penyakit ini) terhadap tumbuhan jambu:

a. Ulat kupu-kupu gajah

mempunyai takaran sepanjang kurang lebih 1,2 cm dengan warna hijau. Ulat kupu-kupu gajah dapat menyerang jambu dengan metode bertelur pada daunnya. faktor ini jikalau dibiarkan dapat membuat daun jadi berlubang lantaran dikonsumsi oleh si ulat dan anaknya. jikalau serangan ulat ini dibiarkan begitu saja, maka umumnya daun bakal mengerut, setelah itu menguning, dan ahirnya mati.

metode yang baik buat membereskan serangan ulat kupu-kupu gajah ialah dengan mengumpulkan seluruh telur dalam daun dan ulatnya seterusnya musnahkan. Namun metode ini tidak efektif buat dilakukan di lahan budidaya jambu air yang luas, bila untuk lahan luas sanggup memanfaatkan pestisida buat pengendaliannya.

b. Kutu perisai hijau

Kutu ini mempunyai ukuran yang amat mungil maka sulit buat dilihat. Namun bisa diketahui dengan struktur serangan yang dilakukannya. apabila kutu perisai hijau sedang beraksi maka dia bakal menempel pada bidang belakang daun. buat daun yang menderita kutu perisai hijau maka daun bakal memliki bintik hitam seperti jelaga.

buat menangani serangan kutu perisai hijau dapat memanfaatkan binatang pemangsanya. binatang pemangsa kutu perisai hjau ialah kepik. Namun disaat periode penghujan datang, hama ini bakal menghilang dengan sendirinya.

c. Kelelawar atau codot

binatang tengah malam ini gemar makan aneka buah-buahan, termasuk juga jambu air. Kelelawar dapat menyerang jambu air disaat telah berbuah. buat menanggulangani serangan kelelawar atau codot dapat dengan menutup tumbuhan atau buah memanfaatkan penutup guna menjaga buah jambu air.

d. tanaman benalu

Benalu ialah tumbuhan yang tumbuhnya dengan menempel di tanaman lain. tanaman jambu yang ditumbuh benalu dapat menghasilkan sari pati makanan disedot oleh tumbuhan benalu. factor ini membuat tanaman jambu tidak sanggup berkembang dengan maksimal.

buat mengatasi benalu guna tanaman jambu air maka bersihkan tanaman dari benalu tersebut dan sebisa mungkin janganlah menyakiti tanaman jambu airnya.

e. Lalat buah

Seperti yang sudah dibahas untuk pembahasan di atas, lalat buah bisa menyerang bunga yang nyaris jadi buah. Lalat buah bakal menyerang dengan metode bertelur pada daging buah jambu.

lalu sesudah lava lalat buah menetas, lava ini bakal mengonsumsi buah jambu tersebut asal dalam maka buah rusak, membusuk dan banyak bolong-bolongnya. guna menanggulanginya dapat memakai insektisida diazinon.

f. Penggerek batang

Penggerek batang dapat menyerang dibagian batang jambu air bukan di bidang daun. tanda – tanda tumbuhan telah menderita hama penggerek batang yakni kulit tanaman jadi terkelupas dan dari dalamnya mengeluarkan getah.

guna melaksanakan penanggulangan guna serangan penggerek batang maka dapat memakai insektisida.

Demikianlah ulas komplit berkenaan metode Budidaya Jambu Air komplit juga keefektifan hebatnya. Jambu air memilik fungsi yang banyak dengan metode penanaman yang sanggup dibilang lumayan gampang.

,