fbpx

Perbedaan Dari 2 Jenis Selang Drip Tetes

05 Maret 2020 - Kategori Blog

Banyak para petani nusantara yang sudah menggunakan selang drip sebagai sistem irigasi peratanian dan perkebunan, Selang drip sendiri mempunyai beberapa macam perbedaannya, sebelumnya ada yang perlu Anda ketahui perbedaan dari 2 jenis selang drip tetes, yaitu !!


Anda sangat beruntung sekali menemukan artikel ini karena sumberplastik akan membahas sampai ke akarnya, tentang perbedaan dari kedua selang tersebut.

1. Selang Drip Rivulis

Number one kita akan membahas dari Selang drip tetes, yaitu selang Rivulis. nama yang diambil dari perusahaan Agro asal Australia itu sendiri.

Selang ini yang sangat susah dicari dan jarang di indonesia kemungkinan hanya salah satu dari perusahaan saja yang dapat menjadi agennya.

Lanjut ke intinya ya gaes. Selang ini merupakan selang drip yang dapat meneteskan air secara merata, terukur dan teratur, sehingga semua tanaman mendapat tetesan sama rata.

Air yang mengalir per satu jam yaitu sampai satu liter dan ada juga yang sampai dua liter tergantung dari tipe selang Rivulis yang di gunakan.

Dari tetesan air yang bertahap, tanah menjadi gembur dan oksigen didalam tanah tercukupi, sehingga akar tanaman dapat menyebar merata mengikuti dari tetesan air, dan menghasilkan tanaman yang tumbuh merata dan serentak.

SANGAT MENGHEMAT AIR

Selain itu untuk selang drip tetes Rivulis sangat menghemat air, Air dapat berkurang dengan drastis dari pada penggunakan springkler atau dengan di siram secara manual.

SANGAT MENGHEMAT TENAGA ANDA

Menghemat tenaga manusia maupun biaya, selang drip ini bisa juga di pakai dengan sistem gravitasi, karena selang drip Rivulis tidak perlu menggunakan tekanan yang sangat tinggi
( pengaplikasian tanpa pompa atau gravitasi bisa di lakukan di lahan miring atau terasiring, bisa juga dengan gravitasi toren/tandon air).

KUALITAS TERJAMIN

Ngomongin tentang kualitas dari selang rivulis penulis akan menyarankan untuk memakai selang Rivulis jika untuk di pakai jangka panjang. Selang drip dapat bertahan hingga 5-6 tahun, memang sih dari segi harga sedikit agak mahal ketimbang Selang drip plastik. tetapi semua tergantung dari perawatannya…

1 : 100 petani indonesia sudah menerapkan pemakaian selang drip ini dan hasilnya sangat memuaskan untuk irigasi, hemat hingga 60% biaya. carilah Supplier selang yang terpercaya seperti sumber palstik contohnya, kami siap membantu anda,

2. Selang Drip Plastik

Mengenai Selang Drip plastik yaitu selang yang terbuat dari bahan plastik PE (polyEtylen ) bahan plastik yang lentur dan ulet seperti plastik es mambo, selang drip plastik ini cukup banyak dijual di pasaran karena harga yang sangat terjangkau dan juga awet, Selang drip plastik yang Asli buatan anak bangsa yang di buat dan di produksi oleh salah satu pabrik plastik di jawa timur.

Selang drip irigasi pertanian yang cukup terjangkau, cocok di aplikasikan sebagai irigasi untuk tanaman sayuran cabai,tomat,bawang,tembakau dan lain sebagainya.

Selain harganya yang murah dan terjangkau selang drip plastik ini juga tahan panas dan hujan namun ada kelemahan dan kelebihannya, apa kelemahan dan kelebihanya langsung kita bahas sampai tuntas ya.

 

  1. KELEBIHAN :
    1. Selang plastik lebih lentur dibandingkan selang Rivulis.
    2. Harga yang sangat terjangkau dan ekonomis
    3. Waktu dari pemakaian cukup lama bisa sampai 2 kali tanam sebanding dengan harga
    4. Melubangi sendiri sesuai kebutuhan karena dari pabrik belum ada lubangnya
    5. Tersedia beberapa ukuran dari 4 inch sampai paling kecil ukuran yaitu 3/4″
    6. Plastik melar dan elastis
    7. Mudah cara pemasangan
    8. Bisa menggunakan konektor PVC

2. KELEMAHAN :

  1. Tetesan air tidak terukur dan berukuran karena di lubangi sendiri
  2. Pemakaiannya hanya bisa sampai 2 kali panen
  3. Tekanan tinggi bisa membuat sobek pada cselangnya
  4. Selang masih dilubangi dengan cara manual
  5. Jalur pemasangan harus rata dan lurus
  6. Pemakaian selang harus di bawah plastik mulsa karna air tidak menetes
    Selesai deh pembahasan tentang selang drip kali ini semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda sebagai petani milenial, banyak banyak belajar bisa melalui Youtube ,Google, sosial media, dll. Agar bisa terus berkembang dan menjadi petani SUKSES.BACA JUGA :
    1. Selang Drip Rivulis D5000 Yang Patut Anda Coba
    2. Irigasi Selang Plastik 100% Hasil Maksimal

, , , , , , , , , , ,