fbpx

Panduan Lengkap Instalasi Cara Menanam Hidroponik

19 Desember 2018 - Kategori Blog

Cara Menanam Hidroponik

Salah satu cara untuk mendapatkan sayuran segar tanpa pestisida yaitu dengan menanam sendiri.

yang jadi masalah adalah tidak seluruh orang mempunyai lahan untuk menanam sayuran. Oleh karena itu ada cara dimana anda bisa menanam sayuran dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanahnya atau yang bisa di sebut dengan hidroponik.

Bagi yang memiliki hobi berkebun, cara hidroponik ini dapat menghilangkan stress. tetapi bagaimana,trik menciptakan tanaman hidroponik?
jangan khawatir, pada artikel ini kami akan membahas bagaimana menanam tanaman hidroponik dengan lengkap.

Sesuai dengan namanya,hidroponik merupakan trick bertanam memakai sarana air maka tak memerlukan tanah atau ruangan yg luas. dengan cara sederhana, hidroponik merupakan metode budidaya tanaman bersama memanfaatkan air yang diperkaya dengan nutrisi,bukan tanah. aspek ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih gampang dikelola.

Hidroponik tidak memerlukan penggunaan herbisida dan pestisida beracun maka lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun dapat lebih sehat. Bertanam bersama hidroponik dapat menghasilkan tanaman bermutu baik dan bebas kimia. yang tentunya sehat untuk kita seluruh dan keluarga

Laju pertumbuhan tanaman hidroponik mampu mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah dengan kondisi yang sama. alasan untuk ini merupakan sebab tanaman hidroponik serentak mendapati makanan dari air yg kaya nutrisi. kondisi ini pula membuat tanaman tidak butuh akar besar buat mencari nutrisi. dan lantaran energi yang digunakan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi dapat disalurkan ke bagian lain dari tanaman.

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan dikarenakan tidak membutuhkan air sebanyak berkebun dengan cara konvensional. Ini sebab hidroponik tak memerlukan penyiraman sama sekali.

Berikut cara menanam hidroponik dengan teknik paling mudah.

Bahan yang di butuhkan:

1. Botol air mineral

2. Gelas platik bekas binyak goreng.
3. Kain untuk sumbu, ( gunakan kain panel agar lebih sempurna )
4. Nutrisi Hidroponik
5. Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). pilih yang paling mudah di dapat.

Kita dapat melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. jadi menanam model hidroponik sederhana ini tidak hanya kita dapat mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga dapat memanfaatkan barang barang bekas. sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang seharusnya dibuang dan menjadi limbah nyatanya tetap dapat diambil manfaatnya.

Cara membuat tanaman hidroponik Wick dengan botol bekas

1. Potong botol menjadi 2 bagian.


2. Lubangi sektor atas (daerah leher botol) buat pemasangan sumbu dan aliran udara
3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol
4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.


5. Isi bagian atas botol dgn alat tanam bisa( rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). pilih saja mana yang paling mudah didapat. sebab fungsi sarana ini cuma untuk pijakan akar supaya tidak rebah.
6.Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.


7.Siram dengan larutan nutrisi di bagian atas botol.
8.Simpan di tempat yang tidak terkena air hujan, dan juga tidak terkena sinar matahari langsung.

Panduan Membuat Larutan Nutrisi Hidroponik

bahan :

  • Pupuk Urea…………………………………………….1000 gr.
  • Pupuk KCL …………………………………………… 1000 gr.
  • Pupuk NPK …………………………………………… 1000 gr.
  • Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ……………. 50 gr.

Peralatan:

  • Ember bervolume 20 Liter.
  • Drum plastik bervolume 100 liter
  • Timbangan digital
  • alat pengaduk
  • Air sumur, air sungai,
  • Air PAM tak diperkenankan kecuali yang telah diendapkan selama 7 – 10 hari.

Cara membuat:

Masukkan seluruh bahan yg sudah ditimbang ke dalam ember volume 20 liter.
Tuangkan air sumur jumlahnya 20 ltr ke dalam ember tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk teruskan pengadukan hingga air mencapai volume 20 liter dan tidak ada lagi pupuk yang masih mengkristal tidak( ada endapan)

Tuangkan larutan pekatan tadi ke dalam bak penampungan volume 100 liter.
Kucurkan air sumur kedalam bak penampungan sambil diaduk – aduk sampai penuh (mencapai volume 100 liter).Larutan Nutrisi siap digunakan.

Dengan adanya tutorial di atas kami berharap Anda dapat mempratekanya langsung di rumah, Metode menanam hidroponik ini cocok untuk anda yang

Hidup di are perkotaan, banyak manfaat yang bisa Anda dapat, dengan menerapkan berkebun degan hidroponik, Anda bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk bercocok tanaman hidroponik.

Apakah anda ingin mencoba menanam tanaman dengan cara hidroponik seperti di atas ?

Tetapii !!!

  • Anda tidak miliki waktu untuk membeli peralatannya?
  • Tidak tahu beli di mana / tempatnya jauh?
  • Anda butuh tata cara yg lebih jelas?
  • jika anda menjawab YA salah satu pertanyaan di atas maka anda benar-benar telah siap praktek menanam tanaman dengan hidroponik.

Namun kenapa hidroponik?

  • Keuntungan terbesarnya ialah diawal anda tidak memerlukan ruang yg tak demikian besar.
  • Menghemat 90% pemakaian air.
  • bisa diusahakan di bermacam macam lokasi, tidak dengan tergantung musim.
  • Lebih bersih dan higienis sebab tak berhubungan dengan tanah.
  • Pemeliharaan lebih mudah.
  • periode tanam lebih cepat panen lantaran nutrisi yang diberikan maksimal dan periode panen sanggup dua kali di bandingkan menggunakan media tanah.
    tanpa pestisida dan insektisida

 

Pada saat ini tidak sedikit PHK di mana-mana. lebih-lebih lagi bagi Anda yang akan pensiun namun belum meraih gagasan buat berbisnis apa setelah pensiun. butuh diingat bahwa sesudah pensiun, tiap-tiap hari ialah hari minggu.

jadi belajar menanam tanaman hidroponik tidak hanya buat hobi, dapat pun jadi satu buah bisnis.

Tanaman yang kita tanam dengan hidroponik tidak akan pernah kekurangan nutrisi. berlainan dengan media tanah, tanaman tersebut mesti mencari makanannya sendiri jadi seringkali nutrisinya tak mencukupi.

Apakah Anda tahu kenapa ada buah yang manis dan harum? Harum tetapi tidak manis? tidak harum tetap manis? Jawabannya ialah seberapa banyak kandungan nutrisinya terpenuhi.

Beberapa nutrisi yang diperlukan itu seperti Nitrogen, Phosphor, Kalium, Mangan, Boron, dan lain-lain.

Pada dasarnya seluruhnya ini dibutuhkan oleh tanaman saat di dalam tanah namun jika kekurangan salah satu nutrisi ini, bisa membuat sayur kerdil lalu daunnya menguning, perakaran tidak sempurna, batang pecah, daun keriput dan lain-lain.

Itulah sebabnya hasil panen yang menggunakan media tanah tidak semuanya bagus.

dengan hidroponik masalah ini teratasi.

Oleh karena itu hotel-hotel / restoran mewah memanfaatkan bahan baku sayuran yang berasal dari pengembangan hidroponik. sudah tentu harganya jauh lebih mahal daripada harga pasaran sebab dari sudut mutu, tanaman hidroponik ini lebih terjamin.

Jika Anda ingin Belajar banyak megenai hidroponik kami menyediakan paket stater kit untuk pemula, Sehingga Anda bisa langsung praktek, Kami juga  melayani Konsultan Pembangunan Green House.

 

Silakan cek produk kami disini

 

, , , , , , ,