fbpx

Metode Menciptakan Rockwool Biasa Sebagai Sarana Tanam

20 Desember 2018 - Kategori Blog

Menanam tumbuhan disaat ini tidak mesti menggunakan tanah dan buat tumbuhan hias tidak butuh repot-repot memindah tanah buat dimasukkan ke dalam pot. disaat ini ada sarana tanam yang lagi naik daun dan digandrungi banyak orang yakni memanfaatkan rockwool. lalu bagaimanakah metode menciptakan rockwool itu sendiri? Sebelum mengulas mengenai metode membuatnya silahkan menyimak penjabaran berkaitan rockwool terlebih dahulu.

banyak yang heran tentunya, apakah yang dimaksud dengan rockwool? Rockwool merupakan sarana menanam dengan memakai bahan-bahan yang terbuat asal bebatuan dan tidak memanfaatkan tanah. Rockwool sendiri difungsikan buat sarana tanam yang banyak sekali dipakai oleh penanam hidroponik. sarana tanam rockwool banyak difungsikan buat menanam sayuran dan pula tumbuhan hias. Rockwool sendiri telah banyak dipasarkan di pasaran dan sekarang ini memang lah sudah terkenal istilahnya pun naik daun. dengan memakai rockwool anda sudah tidak mengutamakan tanah lagi guna menanam sesuatu. lalu bagaimanakah metode menciptakan rockwool biasa sebagai sarana tanam?

Metode menciptakan Rockwool

Metode menciptakan rockwool memang lah biasa tapi tidak begitu gampang, buat orang awam tentu sarana tanam ini teramat aneh dan tidak logis dikarenakan rockwool tidak menggunakan tanah sama sekali. Rockwool rata rata dijadikan sebagai salah satu sarana timbun hidroponik. Bahan-bahan apa saja yang mesti dipakai guna menciptakan rockwool? Rockwool terbuat dari bebatuan seperti batu kapur, batuan basalt dan batu bara. Batuan tersebut mesti dipanaskan terlebih dulu. Namun kalau anda kesusahan menemukan batu-batuan tersebut di sini ada beberapa bahan yang sanggup dimanfaatkan guna menciptakan rockwool. Bahan-bahan yang diperlukan guna menciptakan rockwool biasa antara lain:

  • Kaca
  • Batu ( bisa batu kapur, batu volcanic asal gunung berapi, batu bara )
  • Keramik

sesudah mendapati bahan-bahan tersebut lalu bagaimanakah metode menciptakan rockwool yang biasa sebagai alat tanam hidroponik?

  • anda mesti memanaskan kaca terlebih dulu dengan temperatur 230-260 derajat celcius.
  • Bahan yang berbentuk batu pula dipanaskan dengan temperatur 700-850 derajat celcius.
  • ke-3 memanaskan keramik dengan temperatur 1200 derajat celcius
  • sesudah ke3 bahan tersebut telah panas dan melebur dan berubah wujud seperti lava, maka kemudian yakni menunggu dingin. Bebatuan yang telah jadi lava tersebut dapat membentuk serat-serat.
  • setelah bebatuan tersebut dingin maka campuran serat-serat tersebut baru dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Rockwool beres buat digunakan

Memakai sarana rockwool guna menanam memang lah memiliki banyak unggulan sebaliknya butuh diingat, rockwool yang terbuat dari bebatuan memiliki kandungan mineral alkali yang amat besar dan PH dari rockwool condong tinggi guna beberapa type tumbuhan. Maka sebelum difungsikan bakal ada perlakuan kusus. lalu apa saja keefektifan yang bakal didapat dengan memanfaatkan sarana rockwool guna tumbuhan hias dan sayuran?

  • Ramah lingkungan. anda mampu menggunakan bahan sisa lantai atau kaca buat menanam tanaman.
  • irit pupuk
  • tidak mengandung pathogen yang dapat menyebabkan penyakit guna tanaman/sayuran.
  • Meminimalkan penggunaan disinfektan yang dapat menghasilkan sayuran jadi tidak sehat/berbahaya bila dikonsumsi.

dengan memanfaatkan rockwool tentu ini mampu jadi salah satu alternatif sebanyak orang tani. tidak cuma orang tani saja tetapi warga yang hidup di kota besar yang tidak memiliki lahan guna menanam juga dapat menggunakan sarana tanam ini. dengan memanfaatkan rockwool tentu anda pula lebih dapat menghemat penggunaan pupuk dikarenakan rockwool mampu menampung air yang banyak di bandingkan dengan tanah. mudah-mudahan artikel sumberplastik.co.id mengenai metode menciptakan rockwool anda menjadi terinspirasi buat membuatnya sendiri di hunian.

Untuk kemudahan anda dalam pemesanan bisa langsung klik link dibawah ini : 

Rockwool / Rockwool Import / Media Tanam Hidroponik

Media Tanam Hidroponik – Rockwool Cultilene – 1 Slab

,