fbpx

Metode Menciptakan Cocopeat Sebagai Sarana Tanam

21 Desember 2018 - Kategori Blog

Sarana menanam tidak mesti memanfaatkan tanah sekarang ini karena ada salah satu sarana tanam yang terkenal yakni memanfaatkan cocopeat. sarana tanam memakai cocopeat memang telah dikenal lama dan untuk penduduk Indonesia sendiri telah lama pula membudidayakannya. metode menciptakan cocopeat memang terbilang biasa dan gampang di bandingkan dengan menciptakan rockwool. jikalau rockwool memanfaatkan bahan dari bebatuan, keramik juga kaca, cocopeat cuma memakai sabut kelapa.

Metode menciptakan Cocopeat

beberapa orang tani modern disaat ini banyak memakai sarana tanam hidroponik dengan rockwool ataupun cocopeat. sarana tanam hidroponik disaat ini marak dipakai lantaran telah terbukti yang ramah lingkungan dan pula ekonomis. tidak cuma rockwool, cocopeat sekarang ini juga banyak dibudidayakan. metode menciptakan cocopeat pula lebih gampang di bandingkan dengan menciptakan rockwool maka pemakaian cocopeat banyak sekali peminatnya. guna menciptakan cocopeat bahan yang dipakai pun pula amat gampang ditemukan. Bahan utama menciptakan cocopeat yakni sabut kelapa.

anda tahu bila Indonesia ialah salah satu negara tropis dan banyak ditumbuhi tumbuhan kelapa. menciptakan cocopeat memang lah terbilang amat sangat gampang lantaran cuma memakai sabut kelapa saja sebagai bahan utamanya. Tentu di Indonesia amat gampang sekali buat memperoleh sabut kelapa di bandingkan di luar negara yang beriklim subtropis. Maka dari itu anda wajib coba menciptakan cocopeat sendiri di hunian. lalu bagaimanakah metode menciptakan cocopeat biasa dan bahan apa saja yang digunakan? Bahan-bahan buat menciptakan cocopeat yakni sebagai berikut:

  • Sabut kelapa
  • Mesin pengepres ( dapat dipres dengan sarana biasa di hunian jadi tidak mesti menggunakan mesin )
  • Mesin pengayak ( dapat diayak dengan cara manual dengan sarana biasa yang ada di hunian )

Sebelum diolah jadi cocopeat, sabut kelapa tersebut mesti digiling terlebih dulu agar dapat jadi serbuk. jikalau tidak, anda bakal kesusahan dalam menciptakan cocopeat dengan sabut kelapa yang masih utuh. Berikut ini yakni langkah-langkah atau metode menciptakan cocopeat:

  • Sabut kelapa yang telah digiling dan jadi serbuk pertama mesti dikeringkan terlebih dulu. anda mampu menjemurnya di terik mentari maksimal satu hari guna mengeringkan serbuk sabut kelapa tersebut. factor ini dimaksudkan agar kadar air yang ada di dalam serbuk sabut kelapa berkurang. anda mampu menimbangnya terlebih dulu guna mengukur kadar air yang ada di dalamnya.
  • sesudah serbuk sabut kelapa itu garing jalan seterusnya yaitu mengayaknya. bila anda tidak memiliki mesin pengayak anda mampu mengayaknya dengan cara manual di hunian. Ayakan serbuk sabut kelapa tadi disebut dust. Ayakan serbuk sabut kelapa atau dust tersebut memiliki kualitas yang amat sangat halus dan inilah yang dapat dipakai sebagai cocopeat.
  • sesudah tuntas diayak dan telah memperoleh dust, maka jalan setelah itu yakni mengepresnya. bila anda tidak memiliki mesin pengepres di hunian, anda mampu memanfaatkan cetakan buat mengepresnya dengan cara manual.
  • sesudah berubah jadi blok, cocopeat telah selesai buat dipakai.

Namun, pemakaian cocopeat mesti diimbangi dengan pemberian zat makanan guna tumbuhan dikarenakan cocopeat tidak mengandung zat makanan seperti pada rockwool.

jikalau memakai rockwool anda sudah tidak butuh menambahkan pupuk lagi maka dengan memanfaatkan cocopeat anda pula perlu menambahkan pupuk sebaliknya dalam kadar yang ringan. buat menanam tumbuhan sayuran tentu anda mesti merawatnya dengan extra bila memakai sarana tanam cocopeat. tumbuhan yang baik memakai cocopeat rata rata yaitu tumbuhan hias. apabila anda kagum pada artikel sumberplastik.co.id ini memakai sarana tanam cocopeat ikutilah siasat dan metode menciptakan cocopeat yang betul.

Untuk kemudahan anda dalam menanam, kami menyediakan Cocopeat siap pakai, silahkan langsung klik

Disini 

,