fbpx

Metode Menanam Semangka Hidroponik

02 Juni 2018 - Kategori Blog

Semangka merupakan buah yang aslinya bermula asal lingkungan Afrika, tapi disaat ini sudah tersebar di seluruhnya bagian termasuk juga Indonesia. tidak hanya dibudidayakan dengan cara standar di dalam daerah tumbuhan buah semangka ini pun sanggup dikembangkan lewat system hidroponik.

Pilih bibit

supaya mampu meraih benih yang baik dan lebih bermutu sebaiknya pergi ke kios kusus yang jual benih tumbuhan pertanian. ciri mutlak yang dipunyai benih semangka berkwalitas bagus yakni warnanya yang hitam mengkilap dengan kualitas yang licin.

tidak cuma itu benih tersebut mesti bebas dari segala jenis problem, hama serta tidak ada yang cacat. Dan sebelum ditanam, benih yang pula berbentuk isi buah itu mesti direndam lebih dulu. Singkirkan benih yang mengambang di air, sebab kualitasnya kurang demikian sempurna.

Sediakan sarana tanam

langkah dan metode menanam semangka hidroponik yang mesti diperhatikan berikutnya yakni sediakan sarana tanam. Dalam pekerjaan ini, ada beberapa kebutuhan yang mesti dipersiapkan adalah timer, pipa paralon berikut system instalasinya, drum plastik yang merupakan penadah air dan mesin pompa yang rata rata dimanfaatkan untuk akuarium. tidak hanya itu masih ditambah juga gabus atau stereo form dan talang air.

buat kiat penanaman hidroponiknya, bisa pilih system NFT, Aeroponik, system DRIP atau yang lainnya. masing-masing miliki keutamaan atau keunggulan pula kekurangan yang tidak sama. jadi tinggal disesuaikan saja dengan keinginan.

Penyemaian

bermula pemilihan benih dan penyiapan aneka peralatan, lanjut untuk proses berikutnya adalah penyemaian. Namun diawal mulanya mesti disediakan dulu gabus atau kapas yang sudah dibasahi bersama air.

kemudian, benih direndam pula namun kali ini memanfaatkan cairan fungisida yang lamanya seputar 2 sampai 4 jam. sesudah itu benih mampu dimasukan atau disemai dalam tanah menggunakan polybag.

Beberapa hari seterusnya disaat bakal tersebut sudah beralih menjadi tunas dan membentuk akar-akarnya, langsung pindahkan ke dalam sarana sekam. Tujuannya biar cara pertumbuhan juga perkembangan benih sanggup terjadi lebih cepat.

Dalam proses ini jangan sampai pernah lalai jalankan budi daya dan penyuburan bersama vitamin tumbuhan. pemeliharaan dalam sekam ini pula dilakukan sewaktu 1 sampai 2 pekan hingga tumbuhan bertambah besar dan mendirikan akar yang lebih banyak.

Penanaman

alat dan formula menanam semangka hidroponik semangka berikutnya yakni memindahkan tumbuhan ke fasilitas hidroponik. tugas ini butuh stadium kehati-hatian yang tinggi biar tidak ada sektor berasal tumbuhan yang menderita kerusakan.

Adapun langkahnya, awal memilih tumbuhan semangka yang telah mengeluarkan daun seputar 3 atau 4 tali dan akar yang lebih tidak sedikit. sesudah dipilih, segera pindahkan dalam fasilitas yang sudah disiapkan.

Gunakanlah trik aliran automatic saat memberi zat makanan terhadap tumbuhan yang pada awal mulanya kembali telah dirangkaikan dengan timer. Satu faktor lagi yang butuh diperhatikan, pemberian gizi mesti dilakukan dengan cara teratur.

Pemeliharaan

siasat terakhir yaitu memiara tumbuhan semangka hidroponik tersebut. contohnya mesti senantiasa dijaga supaya sarana airnya senantiasa berada dalam keadaan yang steril dan bersih. selanjutnya bila gulma atau lumut yang berkembang dalam saluran pipa, juga mesti langsung disingkirkan.

Pemanenan

tumbuhan semangka yang dibudidayakan dengan cara hidroponik bisa dipanen sesudah menginjak umur sela 2 hingga 3 bulan sejak ditanam dalam sarana hidroponik. Buahnya dapat dipetik dengan cara langsung atau dipotong buat bidang tangkainya.

Dibanding system konvensional, penerapan metode menanam semangka hidroponik memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya tidak memerlukan lahan yang terlampaui luas. jadi buat yang cuma mempunyai lahan sempit saja, cara ini amat sangat dianjurkan untuk diterapkan.

guna metode tanam system hidroponik masing-masing trik dan sarana mampu disesuaikan dengan yang menurut kita lebih simple, sanggup memanfaatkan system NFT (paralon) maupun Polybag. silahkan di sesuaikan dengan kenyamanan waktu menanam tumbuhan semangka.