fbpx

Metode Menanam Hidroponik Kangkung – Gampang dan Praktis

10 Desember 2018 - Kategori Blog

Anda telah tentu sudah mengenal kangkung, ya, tumbuhan sayuran ini begitu terkenal di Indonesia dikarenakan mampu dikerjakan jadi bermacam macam tipe makanan lezat. metode mendapatkannya gampang, harganya juga amat sangat murah. tidak kaget walau amat ekonomis, namun sampai disaat ini kangkung juga banyak digemari oleh penduduk dan tidak sempat kekurangan pasar.

Buat anda para pecinta sayur kangkung, tidak butuh lagi repot-repot membeli-beli ke pasar atau menunggu tukang sayur datang, anda mampu menanam sendiri sayur kangkung di hunian, sebab kangkung ini termasuk juga salah satu tumbuhan yang amat gampang ditumbuhkan. tidak butuh lahan yang luas pula buat menanam kangkung, dikarenakan tumbuhan ini mampu dibudidayakan dengan cara hidroponik.

Bagaimanakah metode menanam hidroponik kangkung? Ikuti langkahnya pada penjelasan di bawah ini.

Metode menanam Kangkung dengan cara Hidroponik

Ada dua type kangkung yang biasanya dimakan oleh penduduk Indonesia, yakni kangkung darat dan kangkung air. Keduanya mempunyai rasa juga kandungan vitamin yang tidak jauh berbeda, menjadi mana yang lebih anda sukai, tentu itu tergantung asal selera masing-masing.

tumbuhan kangkung mempunyai kecekatan berkembang hanya dalam 4 – 6 pekan sesudah musim tanam. buat type kangkung type hidroponik, mutu yang dihasilkan tidaklah main-main, sampai-sampai dapat dikatakan melebihi kangkung yang di tanam di atas tanah. Berikut metode menanam hidroponik kangkung yang butuh anda lakukan.

1. Persediaan sarana dan Bahan

sarana yang dibutuhkan dalam metode menanam hidroponik kangkung antara lain:

  • Besek atau wadah berdimensi besar dengan lubang-lubang kecil di sekelilingnya.
  • Baskom dengan diameter yang sama dengan besek supaya nantinya besek bisa mengapung di atas baskom.

sebaliknya bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • bibit kangkung yang mampu anda peroleh dengan gampang di toko-toko pertanian atau toko online.
  • Pupuk hidroponik seperti AB mix atau pupuk ciptaan sendiri yang mampu anda praktekkan.
  • zat pengatur tumbuh (ZPT) guna mendirus bibit supaya lebih cepat berkecambah.

2. Metode pilih bibit Kangkung yang Berkualitas

pemilihan benih kangkung teramat berpengaruh guna kesuksesan budidaya kangkung hidroponik anda. Pilihlah benih kangkung unggulan supaya tumbuhan yang dihasilkan nanti mampu dipanen dengan cara serempak, tidak gampang berbunga, dan tidak menghinggapi pula disaat proses penanaman.

3. Kiat Menyemai bibit Kangkung

Sebelum menyemai bibit kangkung, anda mesti menyeleksi terlebih dulu mana bibit kangkung yang pantas tanam dan mana bibit yang tidak mampu berkembang. buat mengetahuinya, mari jalankan langkah-langkah berikut ini:

  • Menyediakan baskom berisi air bersih.
  • Tuang bibit ke dalam wadah tersebut dan biarkan semalaman
    Keesokan harinya, anda bakal menyaksikan ada bibit yang mengapung dan tenggelam. Sisihkan bibit yang tenggelam, dikarenakan bibit itulah yang mempunyai mutu baik, sebaliknya yang mengapung dapat dibuang.

Sesudah mendapati bibit yang baik, ikuti tata cara berikut ini guna menyemai bibit kangkung:

  • Ambil kain yang lumayan tebal
  • bungkus bibit kangkung yang sudah direndam tersebut dengan kain
  • guyur kain memakai air hangat secukupnya atau sekedar basah, tujuannya yaitu supaya bibit kangkung lebih cepat berkecambah.

4. Metode mengevakuasi bibit Kangkung ke Wadah Tanam

Seperti halnya metode budidaya mentimun hidroponik, metode menanam hidroponik kangkung pula memerlukan wadah yang dibuat dengan cara khusus. juga sebagai penambahan info, tumbuhan kangkung dapat mengalami pertumbuhan secara optimal seandainya benih-benih tersebut ditanam dalam jumlah banyak guna satu wadah. Berikut ini yakni metode menanam hidroponik kangkung yang benar :

  • Pindahkan seluruh bibit yang sudah berkecambah ke dalam besek, anda mampu memakai busa filter aquarium sebagai dasar yang melapisi besek, namun apabila tidak tersedia, maka tidak butuh diberikan.
  • Tuangkan cairan zat makanan hidroponik yang mampu dibuat ke dalam baskom sampai mengenai permukaan besek dan bibit. apabila menggunakan busa filter aquarium, maka cairan zat makanan cukup hingga busa tersebut.
  • sesudah itu, anda mampu meletakkan bibit yang baru berkembang di tempat yang menerima cahaya mentari, atau anda bisa juga membiarkan tumbuhan kangkung tersebut melakukan erak pertumbuhan dengan menutup besek memakai plastik hitam selama satu hari penuh.

5. Metode mengurus Kangkung Hidroponik

mengurus kangkung hidroponik memang lah tidak sama namun prosesnya juga dapat dilakukan dengan amat sangat gampang. yang butuh anda laksanakan yakni memantau dan melihat zat makanan atau keperluan kangkung dapat unsur hara dalam bentuk cair.

Hindarkan tumbuhan kangkung hidroponik anda berasal kekurangan zat makanan, terlebih waktu kangkung memasuki umur 2 pekan, maka fokus cairan dapat makin bertambah. ketika itulah anda butuh menambah pupuk organik cair yang tadinya cuma 5 ml per 1 liter air bertambah jadi 7 – 9 ml per 1 l air.

Ubah juga cairan zat makanan bila dirasa telah berbau, jalankan tahap tersebut dengan cara berulang sampai musim panen tiba.

6. Musim Panen Kangkung Hidroponik

 

Seperti yang sudah kami singgung di atas, kelebihan asal tumbuhan kangkung yakni periode pertumbuhannya yang amat sangat cepat dan bisa ditumbuhkan dalam beragam sarana tanam, termasuk juga dengan metode hidroponik yang sudah kita pelajari bersama ini.

tumbuhan kangkung sudah mampu dipanen diwaktu kangkung memasuki umur 4 – 6 pekan atau kurang lebih 1 bulan sesudah musim tanam. Panenlah kangkung hidroponik anda disaat daun-daun kangkung masih hijau segar dan belum tampak tua atau terlebih berbunga.

sesudah itu, kangkung yang anda tanam tersebut sanggup segera dipetik atau dipotong buat diolah jadi makanan favorit anda dan keluarga. Atau bila anda berniat guna mengembangbiakkan dengan cara pasif guna dipasarkan lagi maka silahkan menanam kangkung hidroponik dalam jumlah yang besar.

teramat gampang, bukan metode menanam hidroponik kangkung ini? jikalau dipraktekkan dengan baik dan benar, maka kami percaya anda bisa menghasilkan sayur kangkung yang bernutrisi dan bermutu tinggi. Selamat menanam!

,