fbpx

Metode Menanam dan Budidaya Semangka Dengan Hasil Melimpah

06 Juli 2018 - Kategori Blog

Metode Menanam Semangka – untuk artikel kali ini saya dapat membahas berkaitan gimana metode budidaya semangka dengan metode yang praktis dan sanggup membuahkan buah yang melimpah. anda tentu telah tidak asing pula dengan buah yang satu ini kan? Buah dengan wujud bulat atau lonjong ini amat sangat digemari oleh penduduk. tidak cuma mempunyai rasa yang manis, semangka pula mempunyai isi air yang lumayan tidak sedikit maka jikalau anda mengonsumsinya mampu melenyapkan rasa dahaga. Oleh sebab itu tidak sedikit yang memanfaatkan buah ini juga sebagai sajian bagi buka puasa.

sebanyak keperluan penduduk akan buah ini menyediakan sebuah kesempatan bisnis baru. Ya, anda mampu mengembangbiakkan tumbuhan guna mendapati laba yang cukup tinggi. guna menanam semangka tidaklah terlampaui susah. awal dalam menjalankan buah ini, anda dapat mendapati hasil panen yang melimpah.

Langkah-langkah menanam atau Budidaya Semangka

Tingginya anjuran pasar akan buah semangka maka kesempatan meraih bayaran bermula budidaya buah ini teramat besar. sebaliknya buat memperoleh hasil maksimal asal budidaya pohon ini anda tentu mesti ingat metode menanam semangka dengan baik dan betul. Oleh sebab itu supaya budidaya semangka yang anda jalan dapat berhasil anda mampu mengikuti langkah-langkah menanam buah semangka di bawah ini.

Kesepakatan berkembang tumbuhan Semangka

tumbuhan semangka sangat sesuai bagi daerah yang mempunyai curah hujan kurang lebih 40 hingga 50 milimeter setiap bulannya. tidak cuma itu buah semangka bakal tumbuh dengan baik apabila ditanam di daerah dengan temperatur kurang lebih 25 derajat celcius dikala siang hari. tidak hanya itu daerah yang sesuai terhadap budidaya semangka yakni daerah yang garing dan condong miskin dengan uap air. Oleh sebab itu pilih daerah yang mencukupi kriteria di atas dapat meringankan anda dalam mengoptimalkan hasil budidaya tumbuhan semangka.

tumbuhan semangka tepat ditanam untuk lahan yang tidak ada naungannya atau lahan terbuka yang menerima cahaya mentari dengan cara langsung. dikarenakan kurangnya tumbuhan semangka dapat berpengaruh pada perkembangan tumbuhan semangka. tidak hanya itu kurangnya suply cahaya mentari bakal menghasilkan cara pemanenan terhenti lantaran semangka memerlukan waktu yang lama buat matang sempurna. sebaliknya keadaan tanah atau lahan tumbuhan semangka sesuai pada wilayah yang gembur mempunyai komponen hara yang tinggi. pH tanah tumbuhan semangka sesuai untuk kisaran 6 hingga 6,7. jikalau keadaan daerah belum mencukupi kriteria tersebut sebaiknya dilakukan metode pengapuran hingga pH tanah sesuai.

Pengolahan Lahan Tanam

Sebelum memindahkan benih semangka guna lahan tanam lebihlebih dulu dilakukan pembersihan alat tanam. Usahakan supaya lahan yang ditanami semangka lepas dari pengganggu seperti tumbuhan gulma, batu-batuan dan tumbuhan liar yang lain. sesudah lahan steril baru untuk bedengan agar air yang ada di dalam tanah mampu gampang guna dialirkan. tumbuhan semangka tidak terlampaui suka lahan basah maka anda butuh melindungi lahan supaya terus kering.

berlainan dengan pohon lain guna menerima hasil yang maksimal usahakan anda meninggikan komponen hara terhadap lahan yang dapat dimanfaatkan buat menanam. anda sanggup memakai pupuk organik atau pupuk kandang sebelum dilakukan cara penanaman. jika kandungan komponen hara guna lahan telah cukup anda dapat mulai metode penanaman semangka.

langkah kemudian yaitu dengan menciptakan lubang tanam untuk bedengan dengan takaran 30 senti meter x 30 senti meter x 30 senti meter pula guna ke dalaman lubang tanam hingga 8 hingga 10 centimeter. Lubang tanam ini sebaiknya dibuat seminggu sebelum kiat penanaman. biar tumbuhan sanggup berkembang dengan baik anda mampu melanjutkan pupuk dengan komposisi 4 kg, pupuk DS 28 gram, pupuk ZK 20 gram, terus pupuk ZA 15 gram.

Perencanaan bibit Semangka

buat menghasilkan tumbuhan yang keren, tentu anda mesti memakai benih yang keren dan type benih semangka yang keren buat dibudidayakan yakni awal type semangka hibrida impor. kategori benih termasuk mempunyai dua jenis yaitu tripoid dan haploid. type benis triploid rata-rata mempunyai keunikan cangkang biji semangka lumayan keras maka butuh di renggangkan lantaran cangkangnya. sebaliknya pada tipe bibit semangka haploid lumayan gampang dibudidayakan lantaran cangkang bijinya tidak sekeras triploid.

jikalau type benih telah dipilih kemudian yakni metode perendaman biji semangka. sesudah biji direnggangkan segera direndam di dalam air dengan campuran air hangat, hormon berkembang, bakterisida dan fungsida. biji direndam kurang lebih 30 menit saja selanjutnya biji tersebut diangkat dan ditiriskan hingga garing. biji semangka sudah selesai guna dicambahkan dan ditanam. biasa benih yang telah disemaikan mampu dipindahkan ke lahan tanam dikala sudah berumur kurang lebih 4 minggu.

Metode menanam Semangka

apabila benih yang disemai telah berumur kurang lebih 4 pekan maka saatnya buat memindahkan tumbuhan tersebut ke lahan tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sebelum benih dipindahkan ke dalam bedengan sebaiknya lahan disiram air hingga meresap ke dalam tanah supaya tanah lebih gembur dan buat memelihara kelebaban lahan. sesudah itu baru benih semangka ditanam pada lubang yang sudah dipersiapkan sebelumnya setelah itu tutup kebali lubang tersebut dengan tanah tipis hingga ujung pangkal benih semangka.

Budi daya tumbuhan Semangka

supaya semangka dihasilkan mempunyai kuantitas dan mutu yang baik tentu mesti dilakukan perawatan teratur tiap-tiap harinya. laksanakan penyiraman teratur tiap-tiap hari pagi dan senja paling utama saat masa kemarau. Kelembaban lahan tanam mesti senantiasa diperhatikan biar tumbuhan mampu berkembang maksimal.

tidak hanya penyiraman teratur butuh pula melaksanakan penyiangan guna membersihkan lahan dari tumbuhan gulma atau rumput penganggu biar tidak membawa kandungan komponen hara terhadap lahan tanam. maka keperluan tumbuhan semangka sanggup tercukupi dengan baik. untuk mencukupi keperluan zat makanan butuh diberikan pupuk dengan tipe dan kadar tertentu.

buat memelihara kandungan elemen hara bagi tumbuhan butuh diberikan pupuk NPK atau pupuk kandang yang dipermentasikan. Sebarkan pupuk tersebut terhadap lahan di sekitar tumbuhan semangka dengan jara dari lubang tanam lebih dari 10 cm.

Panen Semangka

umur semangka yang selesai dipanen tiap-tiap daerahnya berbeda-beda, tergantung terhadap iklim sebuah daerah. Tapi semangka yang sudah selesai dipanen kebanyakan mempunyai ciri-ciri daun buah telah mulai layu, terus kalau dipukul berbunyi puk nada( berat). Semangka sanggup dipanen tiap-tiap hari, jumlah buah yang dipanen mampu disesuaikan dengan permintaan pasar supaya keadaan buah terus terawat. untuk memanennya anda dapat memakai gunting atau pisau guna memotong bagian ranting kurang lebih 3-5 centimeter dari pangkal buah.

, , , , , ,