fbpx

Metode Budidaya Tumbuhan Kentang

02 Juni 2018 - Kategori Blog

Kentang yaitu sayuran yang mempunyai stadium anjuran yang tinggi. maka segi pandang yang lumayan bagus pada budidaya kentang di Indonesia, sebab kualitas tanahnya pula sesuai bagi ditanam kentang. guna emnghasilkan yang lumayan tidak sedikit hasilnya, berikut yakni metode penanaman kentang yang baik.

Ketentuan pertumbuhan tanaman kentang

– iklim
curah hujan rata2 1500 mm/tahun Curah hujan biasanya 1500 mm/tahun, lama pencahayaan 9-10 jam/hari, temperatur optimal 18-21 °C, kelembaban 80-90% ketinggian jarak 1.000-3.000 m dpl.
– sarana tanam
tanah gembur, banyk mengandung bahan organik dengan pH 5,8-7,0

Pembenihan tumbuhan kentang

– umbi benih bersumber dari umbi produksi bermutu 30-50 gram, usia 150-180 hari, tidak cacat, dan varitas top. memilih umbi berdimensi sedang, mempunyai 3-5 mata tunas dan hanya hingga generasi keempat saja. sesudah semi + 2 centimeter, jadi ditanam.
– jika benih berbelanja (usahakan benih yang bersertifikat), berat jarak 30-45 gram dengan 3-5 mata pucuk. penanaman bisa dilakukan tanpa/dengan pembagian. pembelahan umbi dilakukan jadi 2-4 potong untuk mata tunas yang ada. Sebelum tanam umbi direndam lalu memakai POC NASA sewaktu 1-3 jam (2-4 cc/lt air).

Pengolahan sarana tumbuhan kentang

alamiah Glio yang telah terlebih dulu dikembangbiakkan dalam pupuk kandang + 1 pekan, ditebarkan setara terhadap bedengan ukuran (: 1-2 bungkusan natural Glio dicampur 50-100 kg pupuk kandang/1000 m2).

Pemupukan

perabukan anorganik mampu anda temukan seperti urea(200 kg/ha), SP 36(200 kg/ha) dan KCT (75 kg/ha)

Penyulaman tumbuhan kentang
Penyulaman dilakukan apabila ada tumbuhan yang mati dan berkembang tidak alamiah, metode ini dilakukan 15 hari bermula tumbuh.

Penyiangan

Penyulaman dilakukan 2 kali dalam musim penanaman.

Pemangkasan bunga

metode ini mesti dilakukan lantaran tumbuhan kentang memang memiliki bunga, seandainya bunga terus dibiarkan dapat mengganngu usaha pertumbuhan umbi.

Panen

usia panen tumbuhan kentang berkisar jarak 150-190 hari. tumbuhan kentang yang selesai memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

– umumnya daunnya bercorak kekuningan
– batang tumbuhan pula kekuningan
– kulit umbi dapat lekat bersama daging umbi
– kulit tidak langsung mengelupas

silahkan coba BUDIDAYA tumbuhan kentang, mudah-mudahan berhasil dan mudah-mudahan artikel ini berguna untuk yang membacanya.