fbpx

Menyemai Bibit Dengan Sarana Tanam Rockwool

01 Juni 2018 - Kategori Blog

Sumberplastik.co.id – Sebelum menanam bersama trik Aquaponic ataupun hidroponik, beberapa tipe tumbuhan sayur ataupun buah mesti disemai terlebih dulu. Menyemai bibit bisa dilakukan buat beragam jenis sarana tanam seperti tanah halus, kerikil, sekam, Rockwool dan sebagainya. Salah satu sarana yang tepat diperlukan dalam system tanam Aquaponik dan hidroponik yaitu Rockwool.

Apa itu Rockwool?

Rockwool ialah salah satu sarana tanam yang lazim dipakai dalam system tanam Aquaponic atau hidroponik. Rockwool awal kali diciptakanpadatahun 1840 di negaraInggrisolehEdward Parry. sarana tanam indibuat asal batuan Basal yang dipanaskan dengan temperatur tinggi sampai 1600 derajat Celsius. Batuan yang dipanaskan tercatat dapat membuahkan serat yang kemudian dibentuk kotak atau balok. Rockwool mempunyai beberapa kebaikan di bandingkan type sarana tanam lain. keutamaan rockwool antara lain

  • mempunyai pori-pori yang bisa menyimpan air lebih baik dari sarana tanam lain terlebih Rockwool dapat menyimpan air 14 kali lebih baik di bandingkan tanah.
  • sarana tanam Rockwool mempunyai stadium sterilitas yang tinggi di mana mikroba tidak bisa tinggal di dalamnya. dikarenakan bersih, rockwool tidak butuh disterilisasi terlebih dulu sebelum digunakan.

tidak hanya itu manfaat memakai sarana tanam Rockwool yang lain yaitu disaat penyemaian. Menyemai bibit tumbuhan dengan memakai rockwool relatif lebih gampang di bandingkan dengan memakai sarana lainnya.

Rockwool bisa memaksimalkan penyerapan zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan. tidak hanya itu menyemai bibit bersama memakai rockwool lebih irit dikarenakan tidak digunakan desinfektan buat membersihkannya dari pathogen atau bibit penyakit.

Trick Menyemai Bibit Dengan Memakai Rockwool.

metode menyemai bibit dengan memakai Rockwool amat sangat gampang. guna mengawali, maka Rockwool terlebih dulu mesti dipotong dengan takaran tertentu. umumnya rockwool dipotong dengan takaran 2x2cm. tiap-tiap bagian Rockwool dilubangi bagian tengahnya.

bibit yang sudah dipersiapkan diawal mulanya selanjutnya diletakkan di bidang tengah dan letakkan potongan-potongan rockwool tersebut ditempat yang terlindung dari sinar. bila digunakan, bagian atas wadah yang diperlukan buat meletakkan rock bisa ditutup bersama memakai plastik bermotif gelap selama musim perkecambahan.

disaat disemai bibit tidak mendahulukan penambahan zat makanan jadi tidak butuh menambahkan cairan zat makanan dalam rockwool. cukup basahi Rockwool sewaktu-waktu bersama air guna mempercepat kiat perkecambahan. butuh ketahuan bahwa dikala bibit disemai, benih dapat berkembang dengan memakai zat makanan yang diperoleh dari persediaan makanan yang tersimpan dalam biji. sesudah beberapa hari biji atau bibit dapat tumbuh jadi bakal tumbuhan mungil. Tunggulah sampai tumbuhan mempunyai beberapa helai daun sejati sebelum jadi dipindahkan pada sarana atau piranti tanam hidroponik ataupun Aquaponik.

manfaat lain dari memakai rockwool yang merupakan sarana semai yakni ketika metode transplantasi, benih tumbuhan yang sudah berkembang mampu segera dibawa dalam wadah sarana tanam atau netpot tanpa mesti dicabut atau dipisahkan dari sarana sembarangan. dengan kata lain Rockwool mampu berfungsi rangkap yang merupakan sarana semai dan sekaligus juga sebagai sarana tanam.

aspek ini tidak sama dengan menyemai memakai sarana tanah atau batu ataupun sarana semai lain di mana benih mesti diambil dan akarnya mesti dibersihkan bahkan dulu dari agregat tanah atau kotoran yang menempel ada akar dikarenakan factor termuat mampu mempengaruhi pertumbuhan akar dan melakukan pembusukan akar.

Menyemai memakai rockwool benar-benar lebih gampang tapi segala aspek yang berkaitan trick semai dan aspek yang dibutuhkan mesti di perhatikan dan diatur dengan baik. apabila anda menyemai bibit tidak sama dalam satu waktu, tandai rockwool dengan memakai tusuk gigi yang sudah dikasih stiker nama tumbuhan buat mempermudah identifikasi benih tanaman.

Selamat mencoba.