fbpx

Memelihara Media Semprot Pertanian / Sprayer

02 Juni 2018 - Kategori Blog

Ada beberapa media penyemprot pupuk atau pestisida. semua media yang dipakai guna mengaplikasikan pupuk atau pestisida dengan metode penyemprotan dinamakan media semprot atau sprayer. Apapun bentuk dan prosedur kerjanya, sprayer berfungsi guna merombak atau memecah cairan yang dilakukan oleh nozzle jadi bagian-bagian atau butiran-butiran yang amat sangat halus (droplet). bagi sumber tenaga yang dipakai guna menggerakkan atau mengerjakan sprayer tersebut, sprayer dibagi jadi 3 grup, yakni :

  • Hand Sprayer, sprayer yang energi penggeraknya dengan pompa tangan.
  • Sprayer Baterai, energi penggeraknya memanfaatkan dynamo motor dengan daya dari baterai/ aki.
  • Sprayer Mesin, tenaga penggeraknya dengan memakai mesin bensin baik 2 Tak/4 Tak.

bermula seluruh type sprayer tersebut butuh perawatan supaya sprayer dapat awet dan gampang dipakai, guna memelihara keawetan sprayer digunakan perawatan teratur. Di bawah ini merupakan 7 faktor mutlak yang perlu diperhatikan dalam perawatan supaya sprayer kita lebih awet.

Trick Menangani Sarana Semprot Pertanian (Sprayer)

  1. gunakan dan pakai sprayer sesuai dengan peruntukannya. Hindari penggunaan yang tidak butuh dengan sprayer, contohnya mengocok cairan sintesis pupuk atau pestisida dengan stik sprayer, mencampurkan air didalam tangki sprayer dengan metode menggoyang tangki sprayer kuat-kuat.
  2. sering melihat/cek bidang yang rawan rusak, seperti: karet seal yang tidak jarang rusak atau bapet, pengatur/kran yang sering terhambat dan bapet, spuyer/nozzle yang sering dipakai tidak jarang membengkak dengan sendirinya dan katup terhambat sebab jarang pelumas.
  3. Sebelum dipakai akan lebih baik teliti kalau ada kebocoran dan cepat melakukan penggantian apabila itu cuma perbaikan ringan, jangan sampai menunggu benar-benar rusak.
  4. langsung tukar spare part yang usang dengan yang baru di ruko pertanian terdekat, supaya kecacatan tidak merembet.
  5. pakai air yang steril guna bahan pelarut disaat melakukan penyemprotan. trick mengetahui air itu keruh dan layak buat pelarut yakni bersama mencelupkan jari tangan ke air tersebut apabila jari tangan berulang tampak berarti air tersebut masih dapat dipakai sebagai pelarut.
  6. sesudah selesai penyemprotan, sprayer mesti dicuci berulang kali supaya ampas kelebihan pupuk atau pestisida tidak garing dan jadi kerak. metode mencucinya: bilas pertama, masukkan air steril, kocok-kocok seperlunya dan buang airnya. bilas ke-2, masukkan air steril, buang melalui spuyer dan buang ampas kelebihan air dalam tangki. bilas ke-3, kocok sedikit, buang melalui spuyer dan buang ampas kelebihan air dalam tangki selanjutnya keringkan, dan lumasi bidang yang bergerak seperti piston dengan minyak kelapa.
  7. menyimpan dengan keadaan miring atau terbalik. tangki sprayer yang senantiasa dirawat tentu saja dapat lebih awet.

Nah, itulah beberapa faktor utama dalam memelihara sprayer biar lebih awet dan aktivitas penyemprotan lebih lancar. guna kepentingan segala jenis sprayer tidak butuh repot sebab di Sumberplastik.co.id  jual bermacam ragam kategori sprayer yang pas dengan keperluan anda dengan tarif yang hemat dan kwalitas terjamin.