Memakai Selang Drip Hydrosol Sangat Efisien

26 November 2020 - Kategori Blog

Efisiensi Memakai Selang Drip Hydrosol

memakai selang drip

memakai selang drip

Pernah dengar dengan kata-kata para petani ??
“Petani hanya khawatir selama musim tanam, Tetapi orang-orang kota khawatir sepanjang waktu.”

petani sangat khawatir dengan terjadinya musim kering seperti kondisi musim yang seperti ini bisa mempengaruhi kinerja para petani, kerena Bertani merupakan satu di antara profesi paling mulia sepanjang masa.

Pertanian membentuk dasar dari masyarakat dan memainkan peran penting dalam pembangunan sosial ekonomi negara. Tanpa kehadiran petani, dunia akan terjadi kelaparan karena produsen makanan tidak ada.

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat rentan dengan terjadinya perubahan iklim yang berubah ubah. Perubahan iklim ini yang mengancam ketahanan pangan di seluruh negara bahkan dunia. Bagaimana bisa? Secara garis besar, kerentanan tanaman sangat berhubungan erat dengan penggunaan lahan, bentuk atau pola tanam, teknologi pengolahan tanah, air dan varietas. Oleh karena itu akan berpengaruh pada luas areal tanam, luas hasil panen, produktivitas dan hasil kualitas.

suhu udara yang meningkat mempengaruhi peningkatan pada penguapan (transpirasi) dan laju pernafasan (respirasi) sehingga meningkatkan konsumsi air. Selain itu juga berkembangnya perkembangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tertentu,

pada akhirnya menurunnya produktivitas pada tanaman. suhu udara yang meningkat juga akan mempercepat pematangan buah dan biji mengakibatkan turunnya mutu hasil dari tanaman.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini sangat diperlukan pengembangan upaya antisipasi dampak dari perubahan iklim dalam ketahanan pada tanaman. Beberapa hal yang berhubungan dengan antisipasi yang sangat penting dilakukan yaitu peningkatan infrastruktur yang paling utama pada jaringan irigasi lahan, evaluasi pada menata ruang pengaturan lahan,

peningkatan untuk sistim informasi dan pengembangan dini untuk mengatasi banjir / kekeringan,  metode pengolahan lahan serta peningkatan kemampuan sumber daya dari manusia dalam memahami perubahan iklim dan penerapan teknologi adaptasi / mitigasi perubahan iklim.

Kali ini kita bahas tentang Efesiensi dari selang drip irigasi yaitu selang utama yang membawa aliran air dari sumber dan di teruskan ke selang distributor, menjadikan selang ini sangat penting dalam irigasi.

Keunggulan memakai sistem ini yaitu sedikit memakai air, air tidak terbuang percuma, dan penguapan sangat diminimalisir. Irigasi yang sederhana ini bisa dibilang pilihan yang sangat cerdas ( teknologi termuka ) untuk mengatasi masalah kekeringan atau sedikitnya persediaan air pada lahan – lahan yang kering. Irigasi drip sederhana ini digunakan dengan tujuan untuk memanfaatkan ketersediaan air yang sangat minim/kurang dengan cara yang sangat efisien.

Prinsip dasar irigasi drip ini adalah mengalirkan air dari sumber atau tandon setinggi antara 3 meter – 4 meter ( ini di sebut system Gravitasi ) dan mengalirkannya ke tanaman dengan perantara selang distributor dan selang dilubangi dengan jarak yang sesuai jarak antar tanaman. Penyiraman dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari,yaitu pagi dan petang selama 10 menit s/d 12 menit tergantung dari fase pertumbuhan tanaman.
Sistem tekanan air yang rendah ini mengalirkan air secara akurat pada akar tanaman,tetes demi tetes.

Metode pengairan seperti ini dengan pengaplikasian jaringan selang drip ( selang distributor )  dengan menggunakan pralon PVC atau bisa menggunakan selang irigasi drip 2 dim dan 3 dim, pada tiap bedengan tanaman. Komponen utamanya adalah selang induk/selang utama dengan dua ukuran yang berbeda antara 2 dim dan 3 dim, selang drip ( selang distributor ), konektor penyokong , pompa air dan tandon air. Selang yang berdiameter lebih besar ( 2 atau 3 inc) digunakan sebagai pipa utama, sementara yang lebih kecil (3/4 inc) digunakan sebagai selang tetes. Selang utama berfungsi sebagai pembagi air ke setiap selang drip tetes meneteskan air  ke setiap tanaman dengan jarak sesuai jarak antar tanaman.

Sobat sudah tahu mungkin dari berbagai media atau dari teman teman pertanian lain tentang selang irigasi merk hydrosol. Ya selang ini sudah lama membantu petani Indonesia, membantu menghasilkan panen yang maksimal dan efesiensi tenaga dan waktu.

Tidak diragukan lagi kuwalitasnya yak an sobat, harga juga sangat terjangkau hasil panen menjadi lebih maksimal

Sekian artikel kali ini akan admin sambung dengan artikel yang membahas seputar selang irigasi

dan jangan lupa membaca juga artikel kami yang membahas selang drip irigasi ini, perbarui pengetahuan anda tentang irigasi modern jangan ketinggalan info yang sangat penting,

Customer Service :

08563179890 ( cs1 )
082143578739 ( cs2 )

link sudah kami siapkan di bawah ini silahkan di klik :

  1. Jual Selang Drip Irigasi Terlengkap
  2. Supplier Selang Drip HYDROSOL Terlengkap 1
  3. Selang Drip Irigasi Plastik 100 persen Hasil Maksimal

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,