fbpx

Manfaat Memakai Kolam Terpal Wajib Kamu Ketahui

07 Januari 2020 - Kategori Blog

Alasan dari beberapa banyak orang mengapa gemar membudidayakan ikan lele. Mulai dari mengisi waktu luang, sekadar hobi, atau ikut-ikutan teman, dan lain sebagainya. Mengenai alasan utama yang paling sering diungkapkan oleh peternak, pasti sudah dapat Anda tebak, kan? Ya, apalagi kalau bukan karena faktor keuntungan.

Semakin kesini dengan banyaknya para peternak ikan, banyak pula untuk  jenis ikan yang dapat Anda pelihara. Baik itu ikan air tawar atau air payau. Atau ikan konsumsi seperti lele,gurami,dll. Anda pun dapat mencari banyak referensi dari berbagai sumber, ikan apa saja yang bisa Anda budidayakan sendiri. Terkait dengan hal tersebut, saat ini metode untuk pembudidayaan ikan yang semakin populer adalah memakai kolam terpal sebagai sarana yang mudah. Tapi jangan salah, ternyata kolam terpal tidak hanya cocok digunakan sebagai media pembudidayaan ikan konsumsi saja loo.., cocok juga untuk ikan hias, seperti Ikan Mas.Dsb

    Berikut manfaat budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal :

  1. Hasil lebih maksimal dengan kolam terpal berkualitas

    Sebelum mengaplikasikan kolam terpal sebagai media budidaya, lebih bagusnya Anda harus memastikan, bahwa material terpalnya yang anda pakai memiliki kualitas yang bagus dan awet. Anda bisa mendapatkan di tempat yang memiliki kredibilitas tinggi dan punya misi melakukan jual kolam terpal berkualitas. Seperti di sumberplastik.co.id misalnya. untuk Ikan konsumsi merupakan jenis ikan yang bernilai ekonomi sangat tinggi, jangan sampai salah pilih untuk material terpalnya, jika sampai salah anda harus menanggung kerugian besar..

  2. Suhu tetap stabil

    Banyak peternak mengatakan bahwa, menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya Ikan akan tetap menjaga kestabilitasan suhu karena adanya fluktuasi. Karena kolam terpal yang bersifat fleksibel, dan perbedaan suhu akibat iklim yang sering berubah-ubah di daratan, akan membuat suhu di kolam menjadi terkontrol dengan sendirinya. Dengan begitu, gagal panen akibat angka kematian Ikan yang tinggi, dapat diminimalisir.

  3. Kualitas ikan lebih fresh dan segar

    Dari sini dapat kita simpulkan konsumen lebih suka dengan ikan yang segar dan tidak memiliki bau tanah. Melalui media kolam terpal, bisa juga menggunakan pupuk cair khusus perikan, bau tanah yang biasanya tercium karena media kolam tanah, atau material lainnya dapat diminimalisir, bahkan dihilangkan.

  4. Sangat rendah untuk terserangan penyakit

    Menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya Ikan, sangat meminimalisir risiko terkena serangan penyakit akibat hama atau gulma yang meningkatkan angka kematian pada ikan. Hal ini karena kolam terpal, tidak menimbulkan tumpukan kotoran ikan – yang menyebabkan kualitas air di kolam menurun.

  5. Mudah proses pemanenannya.Saat panen telah tiba, kolam terpalah yang cenderung paling mudah dikelola dalam setiap prosesnya. Mulai dari penjaringan ikan, sampai dengan proses pengeringannya yang hanya memerlukan waktu tak lebih dari 1 jam saja.

    Selain manfaat di atas, alasan yang paling umum mengapa kolam terpal bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda adalah harganya yang lebih murah, ketimbang media budidaya kolam ikan lainnya. Dengan begitu, selain menghasilkan panen optimal, segar, dan fresh.  Anda juga sudah meminimalisir pengeluaran dalam setiap proses pembudidayaan.

, , ,