3. Keunggulan menggunakan Kolam Terpal kotak

21 Desember 2020 - Kategori Blog

Keunggulan menggunakan Kolam

Keunggulan Menggunakan Kolam Terpal Kotak

Kolam Terpal Kotak semakin populer untuk tempat budidaya ikan. dari Ikan lele sampai jenis ikan air tawar yang lain seperti Gurami dan Patin dapat dibudidayakan menggunkan kolam terpal kotak ini. Banyak dari pembudidaya yang sudah berhasil dan sukses dalam menerapkan budidaya ikan menggunkan kolam terpal ini.

Selain sangat efesien, dan sangat mudah dioptimalkan di lahan yang terbatas serta biaya pembuatan yang relatif murah dibanding kolam tembok atau cor, budidaya ikan di kolam terpal ini juga memiliki keunggulan dibanding budidaya ikan di kolam tembok atau kolam tanah.

Kolam Terpal Kotak Dapat Diaplikasikan di Tempat Terbatas

Bagi yang ingin membudidaykaan ikan tapi tinggal di tempat yang sangat minim tempat seperti di perkotaan yang padat penduduk dan di daerah pesisir pantai yang notabene tanahnya berpasir dan kurang mampu menahan air (porous), kolam terpal merupakan solusi yang sangat tepat untuk budidaya ikan. Budidaya ikan pada kolam tanah sangat tidak efektif di daerah padat penduduk atau pesisir pantai karna untuk tempat kolam terpalnya sendiri memakan waktu dan tempat yang cukup luas dan tidak bisa di pindah tempatnya karena bersifat permanen,

Admin akan ambil contoh yang di pesisir pantai yang tanahnya porous akan menemui kendala karena air akan terus berkurang karena langsung meresap ke tanah. Kolam terpal bundar inilah solusi yang CIHUY jika anda ingin mencoba usaha budidaya ikan.

Suhu di Kolam Terpal Lebih Stabil

Sedikit cerita dari pengalaman peternak gurame yang membuktikan kolam terpal mampu menahan fluktuasi suhu kolam yang biasanya terjadi saat perubahan musim. Rahasianya terdapat pada peletekan alas sekam yang ditebar sebelum terpal di pasang. Pada musim kemarau alas sekam disiram air agar lebih cepat busuk. Proses pembusukan sekam ini kemudian menghasilkan panas yang akhirnya mampu menjaga suhu air tetap stabil untuk budidaya gurame.

Ikan di Kolam Terpal Tidak Berbau Tanah

Berbeda dari membudidayakan ikan di kolam terpal ini, ikan yang di budidayakan di kolam tanah biasanya ikan hasil panenan masih berbau lumpur/tanah, Ikan yang tidak berbau lumpur relatih sangat disukai oleh para konsumen.

Pemanenan Sangat Mudah

karena ukuran dari kolam terpal yang tidak terlalu besar dan sangat fleksibel, panen ikan di kolam terpal kotak relatif sangat mudah proses pemanenannya dilakukan.

Perawatan Kolam Terpal Lebih Mudah

Proses perawatan untuk pembersihan dan pengeringan kolam terpal kotak ini sangat mudah dan cepat, sebelum digunakan lagi jelas sangat cepat dibanding dengan kolam tanah atau kolam cor. Proses pembersihan dan pengeringan ini harus dilakukan secara rutin oleh para peternak ikan agar ikan tidak terkena bibit penyakit.

Jarang Terkena Hama & Penyakit

Hama yang akan memangsa ikan khususnya benih jarang ditemui di kolam terpal. Selain itu ikan yang di budidayakan pada kolam terpal relatif atau sangat jarang terserang penyakit.

Kelangsungan Hidup Ikan Sangat Bagus

Kualitas air yang sangat terkontrol dan terjaga serta minimnya dari serangan hama dan penyakit maka kelangsungan hidup ikan yang dibudidayakan di kolam terpal lebih tinggi. Pengalaman dari pembudidaya ikan lele yang menggunakan kolam terpal, kelangsungan hidup ikan lele yang bisa mencapai 95 %.

Tambah wawasan dengan membaca juga artikel kami bawah ini :
1Budidaya Koi di Kolam Terpal Bali

2. Potensi Budidaya Ikan lele Jangka Panjang

3. Bahan Kolam Terpal Terbaik Untuk Budidaya Ikan

4. 100% Keunggulan Menggunakan Kolam Terpal Bundar

5. Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kolam Terpal

Customer Service :

 08563179890 ( cs1 )
– 082143578739 ( cs2 )

, , , ,