Cara Irigasi Kebun Anggur Yang Tepat dan Benar

26 April 2021 - Kategori Blog

Cara irigasi kebun anggur yang tepat akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan kebun angur jika memang tidak di siapkan dari awal
Bagaimana tanaman bisa tumbuh dengan baik dan maksimal tentu harus adanya dorongan air yang mencukupi.

Sistem perairan yang akan kita bahas kali ini adalah Irigasi tetes, sistem ini masih banyak yang menggunakan di wilayah indonesia”
Irigasi tetes adalah irigasi yang di gunakan untuk menghemat pupuk da air dengan cara dibiarkan menetes, air akan pelan pelan masuk ke akar tanaman baik melalui media tanah. atau melalui emitor.
Cara Irigasi Kebun Anggur

Cara kerja irigasi tetes sendiri adalah dengan menampung air dalam wadah dan mengalirkannya dengan selang menggunakan gaya gravitasi atau menggunakan pompa pendorong melalui lubang selang yang sudah di buat sesuai kebutuhan

Irigasi tetes yang terkenal saat ini adalah irigasi dengan sistem gravitasi yang di terapkan oleh salah satu brand selang Internasional yaitu Rivulis Spesialis perlengkapan irigasi pertanian terlengkap di Australia. Namun jangan khawatir jika anda mau memakai produknya, tanpa perlu import barang kami SUMBERPLASTIK.CO.ID sudah menjualnya di insonesia.

Lanjut ke pembicaraan mengenai CARA IRIGASI KEBUN ANGGUR sebenarnya tanaman anggur tidak terlalu banyak membutuhkan air, Namun air sangat penting sekali untuk pertumbuhan tanaman.

Irigasi tetes ini lazimnya memakai selang drip yang disusun sedemikian rupa untuk mendistribusikan air ke tumbuhan.
Kini ini banyak dijual bermacam tipe selang drip dengan bermacam- macam merk serta mutu, mulai dari yang sangat murah sampai ke yang sangat mahal bergantung dari mutu serta modelnya.

Ada 3 model selang drip yang kerap dijual di pasaran.

  • Selang drip model biasa( selang drip yang belum terdapat lubangnya) bercorak bening serta gelap yang umumnya biayanya lebih murah serta terjangkau. Apabila memakai selang drip dengan model ini, berarti petani wajib melubanginya sendiri memakai jarum saat sebelum digunakan.
  • Model yang lain merupakan selang drip yang telah terdapat lubang dari pabriknya. Biayanya lebih mahal dari yang model biasa. Kelebihannya merupakan lubang terbuat dengan teknologi mutahir sehingga semburan airnya seragam.
  • Berikutnya, terdapat pula model selang irigasi tetes( tubing emiter/ drip tape), kualitasnya lebih baik dari 2 tipe selang drip tadinya. Selang drip model ini didesain buat meneteskan air secara lama- lama dengan spasi emiter( lubang tetes) bermacam- macam, mulai 20 centimeter, 30 centimeter serta 60 centimeter.
    Cara Irigasi Kebun Anggur1

Cara Pemasangan Irigasi Kebun Anggur

Sedangkan itu, buat pemasangannya sendiri, apapun tipe serta model dari selang drip yang hendak digunakan umumnya mempunyai metode pemasangan yang nyaris sama. Berikut ini ialah tahapan yan dicoba dalam memasang selang drip irigasi.

  • Pertama, perlu dilakukan pengukuran total panjang bedengan yang akan dipasangi selang drip. Ini diperlukan untuk mengetahui seberapa banyak selang drip yang dibutuhkan.
  • Setelah itu, selang drip dapat dipasang 1 ataupun 2 buah disetiap bedengnya, bergantung kebutuhan. Panjang selang drip sedikit dilebihkan dari panjang bedengan.
  • Berikutnya, disiapkan selang induk dengan diameter 2 ataupun 3 inch, bergantung kebutuhan. Umumnya, dapat memakai selang plastik diameter 3 inch maupun pipa PVC/ paralon.
  • Buat menghubungkan selang induk dengan selang drip dibutuhkan konektor, ialah shok drat dalam serta shok drat luar. Dimensi shok drat disesuaikan dengan diameter selang drip yang digunakan. Biasanya diameter selang drip cocok dengan pipa 3/ 4 inci
  • Shok drat dipasang pada selang induk, lubang pada selang induk terbuat sedikit lebih kecil daripada diameter shok drat biar kokoh serta tidak bocor/ span. Biar lebih kokoh hendaknya dipasang ring yang dapat terbuat sendiri memakai karet sisa ban motor.
  • Disiapkan pipa paralon dimensi 3/ 4 inch dengan panjang 10 centimeter. Pipa ini digunakan selaku penghubung antara selang drip dengan shok drat yang terpasang pada selang induk.
  • Bila telah berakhir, tiap ujung selang drip diikat setelah itu pompa dihidupkan buat mengenali apakah selang drip berperan dengan baik ataupun tidak.
  • Bila memakai selang drip biasa( yang belum terdapat lubangnya), 1 selang drip diikat ujungnya setelah itu drip ditusuk memakai jarum. Posisi serta jumlah tusukan jarum disesuaikan dengan banyaknya lubang tanam di tiap bedengan. Setelah itu dilanjutkan ke selang drip yang lain hingga berakhir.
  • Bila bedengan hendak ditutup memakai mulsa, melubangi selang drip dicoba sehabis mulsa dipasang serta dilubangi biar letaknya cocok dengan lubang tanam.
  • Air yang digunakan pada drip irigasi hendaknya air yang bersih. Pemakaian air keruh/ kotor hendak menutup lubang- lubang pada drip serta bisa memperpendek usia selang drip.Poin penting dalam irigasi drip tetes tentu harus mempelajari dan mengerti bagaimana sistemnya, Jangan ragu jika Anda membutuhkan bantuan dan kosultasi kami siap membantu Hubungi kami di Telpon ( 082143578739 )  Semoga artikel dapat membantu bagi kita semua.

 

, , , , , , , , , , ,