fbpx

Hama Pada Tanaman Jagung dan Cara Mengatasinya

08 Januari 2019 - Kategori Blog

Hama pada tanaman jagung sering kali di alami oleh petani perlunya tidakan khusus untuk mengatasi hama pada tanaman jagung. Artikel kali ini kita akan membahas hama pada tanaman jagung dan cara mengatasinya. Berikut Penjelasanya:

 

Tanaman jagung adalah salah satu komoditas pertanian sektor tanaman pangan. pada waktu proses produksi atau dalam fase budidaya, tanaman jagung pula tak luput dari serangan hama penyakit, seperti halnya tanaman pertanian lain. Kerugian akibat serangan hama penyakit jagung mampu dibilang tak kecil, bahkan beberapa diantaranya berpotensi memunculkan kegagalan panen.

Oleh lantaran itu, penanganan sesuai pada serangan hama dan penyakit tanaman jagung dapat meningkatkan hasil produksi petani. kepada artikel ini bakal kami uraikan satu per satu hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman jagung di areal budidaya.

Hama Tanaman Jagung

A. Ulat daun

Ulat daunn biasanya menyerang pada tanaman jagung yang masih kecil usia 1 bulan, hal ini dapat mengganggu keberlangsungan pertumbuhan tanaman jagung.

B. Lalat bibit

Tanaman jagung yang terserang hama ini dapat mempunyai seken gigitan kepada bagian daun, pucuk daun layu, dan hasilnya tanaman jagung bakal mati. Pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan trick melakukan penyemprotan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan.

C. Ulat Grayak atau Ulat Agrotis

Sektor Tanaman jagung yang di serang hama ini ialah sektor batang yang masih muda, batang bakal putus dan hasilnya tanaman jagung mati. Hama Agrotis sp. Menyerang pada tengah malam dan siang hari. Ada 3 kategori ulat grayak/agrotis yaitu:

Agrotis segetum : mempunyai warna hitam dan ulat ini tidak jarang ditemukan di daerah dataran tinggi.
Agrotis ipsilon : mempunyai warna hitam kecoklatan dan ulat ini sering di daerah dataran tinggi dan rendah.
Agrotis interjection : mempunyai warna hitam dan banyak di dapatkan di pulau jawa.

Pengendalian ulat ini sanggup dilakukan bersama laksanakan penyemprotan memakai insektisida sesuai anjuran dosis yang pas.

D. Penggerek daun dan penggerek batang

Ulat sesamia inferens dan pyrasauta nubilasis ini menyerang sektor ruas batang sebelah bawah dan titik tumbuh tunas daun tanaman jagung. Tanaman jagung dapat jadi layu.

Penanggulangan hama ini bisa dilakukan dengan melaksanakan penyemprotan memanfaatkan insektisida yang tepat dgn dosis yang di anjuran

E. Ulat Tongkol (Heliothis armigera)

Tanaman jagung yang terserang hama ini bakal mempunyai bekas gigitan terhadap biji dan adanya terowongan dalam tongkol jagung.

Pengendalian hama ini mampu dilakukan dengan kiat jalankan penyemprotan memakai Furadan 3G atau insektisida yang pas dan dgn dosis tepat anjuran.

F. Belalang

Type belalang yang tidak jarang menyerang tanaman jagung adalah Oxyca chinensis dan juga Locusta sp. Hama ini biasa menyerang tanaman jagung terhadap bidang daun belia. Pengendalian hama ini bisa dilakukan bersama kiat melepaskan predator alaminya yakni berupa burung atau laba-laba, dapat serta dengan memanfaatkan biopestisida.

Semoga Artikel yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengatasi Hama tanaman jagung, Jika anda membutuhkan obat pestisida untuk membasmi hama kami menjual berbagai macam obat pestisida.

(Jangan lupa Cek di website kami untuk detail produk.)

 

, , , , , , ,