fbpx

Cegah Burung Petani Blitar Pasang Tali Perak

29 Januari 2019 - Kategori Blog

Pemasangan Tali Perak

Memasang tali perak merupakan  cara yang di lakukan petani wilayah Kabupaten Blitar Jawa Timur. Untuk Melindungi tanaman padi dari serangan segrombolon burung Emprit yang sering menjadi hama pada musim panen padi. Tujuan para petani ini adalah ingin melindungi hasil panen agar panen dapat maksimal.

Seperti yang di lakukan Sumargio warga asli kota blitar ini, salah satu petani di, Desa Kaweron, Kecamatan Talun Kab Blitar Jawa timur.

Hampir setiap hari Para petani sibuk menjaga tanaman padi dari serangan burung emprit. jika tidak, padi yang mendekati masa panen akan di serang burung emprit dan hasilnya akan tidak maksimal, bahkan akan mengalami gagal panen.

Sejak 4 minggu yang lalu ” Kata Sumargio. Cara yang di lakukan dengan petani lain hampir sama, Yakni Memasang Tali Perak di atas tanaman padi, karena yang di serang adalah bulir padi, maka para petani memasang Tali perak di atas tanaman padi.Tujuanya untuk mengusir Burung emprit yang mau memakan tanaman padi.

Kenapa tali perak yang di pilih Warga Blitar? karena tali perak mempunyai, bahan perak dengan lebar 1 cm . Jika terkena angin maka tali ini akan bergerak- gerak dengan memantulkan sinar dari bahan peraknya sehingga kerumunan burung akan takut mendekatnya.

Hal ini sangat efesian di lakukan petani, karena tidak perlu berteriak-triak untuk mengusir segerombolan burung, Menurut Sumargio Tanaman padi di sekitarnya jarang di serang hama maupun penyakit. ” Hama Potong Leher sekarang nggak ada kemarin banyak,” Sambungnya.

Mendekati musim panen, serangga burung emprit yang menjadi kendala.”Pokoknya padi usia 60 hari sudah jebol diserang, yang tersisa hanya merang saja” Sambung Sumargio lagi.

Banyak kelebihan yang di alami petani Blitar Jawa Timur dengan manggunakan tali perak, karena biaya yang di keluarkan cukup murah dan efesien untuk melindungi tanaman padi. Dari lahan tanaman padi seluas 100 M2 Biaya yang di keluakan hanya 37.000 / roll Tali perak. Biaya ini cukup Murah di Ketimbang harus Setiap hari menunggu Tanaman padi dan Berteriak-triak menguras tenaga.

 

Bagi Anda yang membaca artikel ini Anda juga bisa mempraktekanya langsung. Sumber plastik Telah mengeluarkan Produk baru Tali perak untuk mengusir burung cek di sini

 

, , , ,