5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah

19 Mei 2021 - Kategori Blog

 menanam jahe

Menanam Jahe – Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia pasifik jahe sering di gunakan untuk campuran masakan di indonesia
Rempah ini memberikan rasa pedas dan membuat badan terasa hangat.

Bukan hanya di gunakan untuk bumbu dapur tanaman jahe juga sering digunakan untuk obat-obat tradisional karena memang banyak manfaat, seperti mencegah penyakit kulit, antioksidan yang tinggi, menyembuhkan penyakit perut dan masih banyak lagi manfaat jahe

Cara penyajian yang mudah untuk berbagai manfaat, Anda juga bisa menanam jahe sendiri di rumah karena tanaman jahe sangat mudah di budidayakan ulang apalagi di indonesia, dengan tanah yang subur dan iklim tropis. Jika anda bisa membudiyakan sendiri dirumah Anda tidak perlu lagi membelinya di pasar. Hanya tinggal memanen jika membutuhkan.

Cara menanam jahe sudah kami rangkum di bawah ini agar semu orang termasuk Anda yang membaca artikel ini bisa menanam jahe sendiri dirumah.

1. Pilih jenis bibit jahe yang berkualitas

Banyak jenis jahe yang bisa Anda tanaman salah satunya adalah jahe putih besar umbi berwarna putih kekuningan dan berukuran 8-8,5 cm, Jahe putih kecil dengan umbi berwarna kekuningan, berlapis lapis dan berukuran 3-4 cm, jahe merah dengan umbi berwarna merah atau jingga muda. berlapis dan berbau tajam ukuran 4-4,5 cm

5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah

 

Link Pembahasan Sebelumya, jangan liwatkan infonya :
Blog kami : https://sumberplastik.co.id/blog/

Customer Service :

– 08563179890 ( cs1 )
– 082143578739 ( cs2 )

2. Lakukan pembibitan dengan rimpang jahe berumu 10-11 bulan

Pilih rimpang jahe yang gemuk dan berkulit halus dan gemuk, umumnya rimpang jahe di gunakan berumur minimal 10 bulan, Jika sudah setelah itu rendam rimpang jahe dengan air panas satu malam, kemudian jika sudah letakkan rimpang jahe di tanah hingga bertunas, simpan di tempat yang kering dan tidak panas.

5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah (2)

3. Siapkan media tanam

Cara menanam jahe tidak membutuhkan lahan yang luas cukup pekarangan sekitar rumah atau kalau anda tidak mau gagal panen bisa menggunakan polybag sebagai perlingan dari hama tanah seperti embuk, dll
Satu polybag ukuran 25x 25 bisa, bisa menampung 3-4 buah jahe, dalam polybag tersebut masukan media tanah yang sudah di campur dengan pupuk kimia maupun organik, alangkah baiknya anda mencampur tanah dengan pupuk kompos saja sudah cukup.

5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah (3)

 

Baca Juga :

4. Pindah rimpang jahe yang sudah bertunas ke media tanam

Jika rimpang jahe sudah bertunas pindahkan pada media tanam yang sudah di siapkan tadi, potong rimpang jahe jadi kecil kecil sisakan setiap rumpang setidaknya 1-2 tunas
lalu letakkan rimpang 5-10 cm di dalam tanah.

Jika Anda menanamnya langsung ke tanah tidak menggunakan polybag atau pot, hendaknya memberikan jarak 5 cm agar akarnya tidak bertabrakan.

5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah (6)

5. Perawatan hingga panen

Langkah paling akhir adalah perawatan hingga masa panen, Agar jahe tumbuh dengan baik jauhkan pot dengan letakkan di tempat dengan suhu 24-30 drajat celcius. Karena lingkungan dingin hanya akan memperlambat pertumbuhan jahe, membuat bibit tidak tumbuh.
Siram jahe secukupnya jangan sampai air menggenang agar jahe tidak membusuk, maka dari itu gunakan media pot yang memiliki sistem drainase yang baik.

5 Cara Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe Dirumah

Setelah umur berusia 10-12 bulan jahe siap di panen sebelum usia itu misal masih 4 bulan bisa juga di panen untuk di buat minuman, itu cara menanam jahe dirumah semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda mengisi waktu kosong dirumah. Coba sekarang juga yuk.!!

 

, , , , , , , , , ,