1. Budidaya Koi di Kolam Terpal Bali

12 Desember 2020 - Kategori Blog

Budidaya Koi di Kolam Terpal

Budidaya Koi

Berbudidaya ikan koi menjadi tema atau topik yang sangat menarik untuk dipelajari dan dipraktekan, terutama bagi Anda yang suka memelihara ikan koi di rumah. Ikan koi ini jenis ikan mas yang bercorak beraneka ragam warna-warni merah, kuning, dst. sehingga sangat indah saat dilihat membuat kenyaman tersendiri. Biasanya, ikan koi dipelihara di kolam dengan air selalu jernih dan mengalir agar bisa dilihat dari atas. Karakteristik dan postur tubuhnya enak untuk dilihat dari atas dan bukan dari samping.

Sementara itu, prospek bisnis ikan koi sangat bagus di pasaran hingga sekarang masih cerah. Hal ini disebabkan oleh semakin banyak orang yang ingin memelihara dan membeli ikan koi untuk rumah. Seiring perjalanan waktu, Sebagian yang sebelumnya hanya memelihara ikan koi karena sebatas hobi, mulai saat ini membudidayakannya dengan tujuan menjualnya lagi. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Biasanya mereka yang belum tahu tentang budidaya ikan koi hanya dilakukan di kolam semen yang sangat membutuhkan lahan yang cukup luas dan sifatnya permanen. Bagi yang memiliki lahan yang luas, tentu langsung bisa memulai pembudidayaannya. Berbeda dengan sebagian lainnya yang tidak mempunyai cukup lahan atau tempat tinggalnya yang sempit. Jadi, solusi apa yang bisa dilakukan jika hanya memiliki lahan yang sempit, tetapi masih ingin budidaya ? jangan risau masih ada solusinya.

Salah satu solusi yang sangat efektif, ialah melakukan budidaya ikan koi di dalam kolam terpal. Wah, bagaimana membudidayakan ikan koi di kolam terpal? Silahkan disimak uraian dibawah ini.

Budidaya Koi

Kolam terpal adalah sebuah inovasi media karantina dan budidaya koi terbaru yang kini sedang ramai dibicarakan dan diaplikasikan oleh para pemilik ikan koi di Indonesia. Kolam terpal digunakan untuk pengaplikasian sistem budidaya biofloc pada berbagai macam ikan.

Karena pembudidayaannya sendiri menggunakan kolam terpal, jadi anda harus menyiapkan terlebih dulu kolam terpalnya. Perlu diketahui bahwa besar kecilnya dari kolam terpal harus disesuaikan dengan tempat kolam terpalnya, serta jumlah ikan koi yang akan mengisi kolam tersebut.

Kolam terpal bisa diletakkan di dalam bahkan bisa di luar rumah, yang penting perawatan dengan sebaik-baiknya. Dalam arti, perawatan harus terjaga dari tangan-tangan usil manusia (pencuri) maupun hewan predator. Kolam terpal juga harus terjaga dari pergantian cuaca dan suhu ekstrem yang bisa mempengaruhi ikan koi di dalamnya.

Contoh lahan budidaya koi, jika halaman anda rumah dengan luas sekitar 20 x 10 meter persegi. Anda bisa membuat 2 – 3 kolam terpal dengan ukuran sekitar 3 m x 2 m x 1 m. Kolam terpal ini, rangkanya adalah kayu.

Buatlah rangka kolam yang kuat dan kokoh agar tidak mudah rusak. Setelah rangka sudah terpasang, selanjutnya kolam terpal bisa dipasang. Anda bisa membeli terpal tersebut di toko kami bahan yang snagat berkualitas, Anda bisa menyesuaikan ukuran terpal yang dibutuhkan.

Kolam terpal untuk budidaya ikan koi sudah selesai. Isikan air dengan ketinggian 0,5 meter dulu. Jangan lupa untuk memasang filter di kolam agar menjaga air tetap bersih, jernih, dan tetap mengalir. Ikan koi sangat suka karakteristik air kolam semacam ini, sehingga lebih aktif bergerak serta menambah nafsu makan besar.

Perlu diingat, budidaya koi jangan terlalu sering memberi makan ikan koi karena akan berdampak pada produksi feses atau kotoran yang melimpah. Berakibat pada air kolam lebih cepat keruh dan berbau menyengat. Meskipun sudah ada filter di kolamnya, tetapi Anda tetap harus menguras airnya minimal sebulan sekali.

Jangan risau karena kami mempunyai produk bisa dibilang ALL IN ONE, produk yang sangat lengkap dan mudah di aplikasikan siapa yang tidak mau seperti itu ??? pasti maukan,

Produk yang bisa anda dapat adalah :

  1. Kolam Terpal dengan ukuran

ikan koi karantina kolam terpal

Spesifikasi Kolam Terpal Persegi
Panjang : 400 cm
Lebar : 200 cm
Tinggi : 80 cm
(Ukuran Real Sesuai)
Bahan : Terpaulin HDPE (merk : ORIENTAL) A20
Kelengkapan : Terpal , Ring mata ayam

     2.  Pompa Dan Aerator Untuk Kolam

ikan koi karantina kolam terpal

Spesifikasi Pompa + Aerator :

1, Pompa :
~ Type : WP-105
~ Volt : 220-240 v 50 Hz
~ Watt: 60 watt
~ Kapasitas: 3000 liter/ jam
~ Tinggi Maksimum: 3 meter

2, Aerator :
– Voltage: 220 ~ 240 v
– Frequency: 50hz
– Power: 6 watt
– Output: 6.0 L/min
– Pressure: > 0.013 mpa

PAKET HEMAT 1 MESIN 4 LUBANG AERATOR

Daya angkat & debit air aktual tergantung jumlah belokan dan panjang pipa/selang, serta berat jenis air.
1. Selang kecil 7 mm ( 20 meter )
2. Selang besar 16 mm ( 3 meter )
3. Elbow 16 mm
4. Check Valve Aerator ( 4 pcs )

Note :
Gunakan alat ini sebagai pencegahan air / udara balik kembali ke mesin ini sangat penting untuk budidaya koi.
Cara kerja alat ini yaitu dengan memblok aliran udara / air yang kembali melalui selang, sehingga aman untuk mencegah kerusakan pada mesin.

Cara menghitung debit air cukup sederhana dengan cara: panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) lalu dibagi 1000.
Misalnya: Aquarium ukuran 400 x 200 x 50 cm, volume airnya adalah: 4.000 liter.

         3. Probiotik Ikan Koi Penjernih Air Kolam dan Aquarium

ikan koi

Air Kolam / aquarium kotor, gampang berbau, ikan stress, biaya pakan mahal, hasil panen turun..
Jangan Kawatir kami berikan solusinya
Sekarang telah hadir Probitik Perikanan asli murni 100% organik plus ektrak daun ketepeng dan biomoringa sebagai nutrisi dan disinfektan organik bagi kesehatan ikan kesayangan anda
Gurami, Koi, Lelel, lobster Hias

Spesifikasi :
1. Kemasan :1 Liter, (Berat + Packing :1100 gram)
2. Dapat digunakan untuk persiapan kolam, campuran pakan, perwatan untuk budidaya koi dan Penjernih air aquarium (cara pakai tertera di kemasan)
3. Dilengkapi bakteri lactobacillus cassei yg berfungsi merubah kotoran ikan (Nitrat) menjadi Nitrit (Senyawa Pakan ikan yg bermanfaat)
4. Mengatasi jamur pad ikan Gurami dan Koi
5. Menambah cerah dan gemerlap kulit ikan KOI
6. Cocok digunakan oleh penghoby dan peternak ikan
7. Mengurangi angka FCR Pakan
8. Mengurangi angka kematian anakan ikan

Nah , Berikut penjelesan yang bisa admin sampaikan, baca juga pembahasan kami yang lain tentang kolam terpal :

  1. Potensi Budidaya Ikan lele Jangka Panjang
  2. Bahan Kolam Terpal Terbaik Untuk Budidaya Ikan
  3. 100% Keunggulan Menggunakan Kolam Terpal Bundar
  4. 1. Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kolam Terpal

Customer Service :

– 08563179890 ( cs1 )
– 082143578739 ( cs2 )

, , , ,