fbpx

7 Metode Menanam Tumbuhan Buah Jambu Kristal Sampai Panen

27 November 2018 - Kategori Blog

Hallo penyuka jambu, tentunya anda yang lagi mebaca artikel aini senang banyak type jambu, atau pula memikirkan rencana budidaya jambu bukan? sebelum anda meneruskan mebaca metode memelihara buah jambu kristal yang bakal kita ulas kali ini.

Jambu kristal yakni salah satu type jambu yang banyak dicari dan disukai oleh banyak orang. kenapa? lantaran rasa buahnya yang manis, mempunyai sedikit biji dan gampang buat dipelihara. Nah, tunggu apa lagi yuk kita simak petunjuk metode memelihara tumbuhan buah jambu kristal ini.

1. Pemeliharan harian Jambu Kristal

anda tidak dapat meremehkan hal-hal kecil yang kiranya sering disepelekan dalam budidaya harian seperti metode memusnahkan hama untuk daun jambu. sebab ini dapat menentukan keoptimalan panen dari jambu nantinya, loh.

  • jalankan penyiangan dengan metode membuang bidang asal tunas yang muncul dan menempel pada batang indukan utama. Penyiangan ini tidak lain bermaksud guna maksimalnya pertumbuhan buah dan ukurannya dapat lebih besar dan tentu saja buahnya bakal jadi lebih manis.
  • demikian pula dengan pengurusan tanah, jangan sampai teledor buat senantiasa mengolah tanah dan usahakan tanah tempat penanaman asal tanaman jambu kristal ini terus subur dan gembur. Ini dapat diperuntukan guna pertumbuhan maksimal awal jambu kristal dan tumbuhan dapat berkembang dengan kuat.
  • jalankan pula penyulaman dan penjarangan supaya nantinya tanaman sanggup lepas dari hambatan gulma pengganggu yang dapat merusak pertumbuhannya. Sebelum melaksanakan trick ini pastikan bidang tumbuhan memang telah bersih dari berbagai gulma dan jikalau memang lah ada benih tumbuhan yang telah terlanjur rusak dan nyaris mati maka ganti saja dengan benih tumbuhan yang baru.
  • jalankan pemangkasan atau perempelan yang dapat terjadi di ujung tumbuhan sesudah tanaman jambu kristal ini nantinya menginjak umur 2 tahun. Ini diperuntukan buat pertumbuhan daun yang subur yang dapat mengundang metode pertumbuhan buah. apalagi sesudah usaha panen anda pula mesti jalankan tahap pemangkasan.

2. Metode perabukan Tanaman

Seperti saat anda mempelajari metode memberantas hama untuk daun jambu, anda pula mesti paham kapan mesti melakukan pemangkasan atau perempelan terhadap jambu kristal ini. rata rata metode ini bakal cepat dilakukan jikalau tanaman jambu kristal telah mulai berumur 2 tahun.bahkan ini ialah metode yang dapat langsung dilakukan sesudah pemanenan.

3. Perabukan Tanaman

supaya tanaman jambu kristal ini berkembang dengan baik dan subur maka setidaknya jalankan perabukan dengan cara berkala. anda dapat jalankan perabukan disaat berusia 0 sampai 1 tahun sebaliknya type pupuk yang dapat diberikan yaitu pupuk sintesis : TSP, Pupuk kandang, ZK dan Urea. Taburkan pupuk di seputar tumbuhan atau anda juga dapat dengan metode melubangi tanah dan masukan pupuk sedalam 30 cm.

4. Metode irigasi juga penyiraman

anda sanggup laksanakan pendirusan sesudah benih yang didapat dari produk transpalasi ataupun cangkokan sesudah 2 pekan lamanya. pendirusan ini sendiri lumayan dilakukan 2 kali sehari. sesudah benih berkembang dengan baik maka kurangi intensitas pendirusan cuma jadi sekali tiap-tiap hari nya.

Dan usahakan anda menjauhkan benih tumbuhan ini dari tempat yang gampang mendapati genangan air disaat hujan lebat melanda. seandainya memang lah tidak memungkinkan maka gunakan saja parit yang dibuat dengan cara manual. Ini dapat mempermudah jalur air anda guna mengalir dan jalankan saja panyiraman tiap-tiap pagi atau senja.

5. Metode penanganan Hama Dan Penyakit

tidak jarang perihal sering membuat hasil panen tidak optimal yaitu penyakit hama ataupun masalah yang menyerang tumbuhan kita. Nah guna persoalan penyakit ataupun hama tumbuhan jambu kristal ini kami dapat mengulasnya, di bawah ini :

  • Kutu putih, ulat daun, jamur karat merah, lebah buah, lalat buah, kutu putih dan jamur embun yakni tipe penyakit dan hama yang sering menyerang jambu kristal.
  • pakai trick membungkus buah supaya mampu jadi pengendalian dan penangkalan hama yang dapat merusak kualitas buah.
  • pakai pengontrolan memanfaatkan penyemprotan insektisida, sasaran beracun juga memakai air rebusan pala.
  • Air rebusan pala ini mengandung senyawa methyl eugenol yang sanggup membasmi hama dan masalah jambu kristal sebaliknya insektisida sebaiknya pakai yang mengandung unsur aktif methyl eugenol juga yang mempunyai kandungan Chloropyrifos.

6. Metode Pembungkusan Buah

supaya mampu menghindari serangan hama seperti yang dijelaskan guna poin di awal mulanya digunakan cara pembungkusan buah seperti :

  • pakai plastik bening dan jalankan pembungkusan buah ini sesudah kelopak buah nyaris jatuh. Sebaiknya pakai dulu jaring buah sebelum melakukan pembungkusan buah memakai plastik bening ini, umumnya jaring buah yaitu bahan yang memanfaatkan stereogram.
  • Ada 2 metode dalam pembungkusan buah jambu kristal ini. pertama anda dapat segera mengikat plastik di daerah tangkai daun.
  • anda pula dapat mengikat plastik di sektor cabang dari buah jambu kristal ini. cara ke-2 dapat lebih aman di mana seandainya terkena udara jambu dapat berada di dalam plastik dan tidak gampang putus.

7. Pemanenan

apabila anda menanam benih jambu kristal yang berasal dari cangkokan maka umumnya bakal dapat mulai dipanen sesudah berusia 6 bulan dan trick penanaman benih yang dari berasal cangkok disinyalir menghasilkan buah yang lebih cepat. namun kalau berasal benih biasa maka mesti menunggu sampai kurang lebih 2 tahun supaya sanggup dipanen. Itulah metode menggarap tumbuhan buah jambu kristal hingga panen.

rata rata jambu kristal dapat berubah warna jadi putih kekuningan apabila sudah siap buat dipanen. sebaliknya buah yang masih belum siap panen bakal terus berwarna hijau. jalankan penyortiran sesuai selera seandainya hendak memasarkan jambu ini.

, , ,