fbpx

6 Metode Menanam Brokoli Dengan System Hidroponik Rockwoll

23 Oktober 2018 - Kategori Blog

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang memilki kandungan nutrisi, kalsium, dan mengandung asam folat yang teramat baik untuk kesehatan. konsumsi brokoli setiap hari diakui bisa mencegah penuaan dan menghalangi tumbuhnya sel kanker. kandungan seratnya pula sangat bagus buat system pencernaan badan. sebab itulah, kenapa brokoli termasuk juga kategori sayuran yang wajib dimakan sehari-hari.

banyak yang menyesuaikan dan sukar membedakan antara brokoli dan bunga kol. secara fisik keduanya mempunyai perbedaan warna yang mencolok ialah bunga kol bercorak putih dan brokoli bercorak hijau. Harganyapun relatif lebih mahal brokoli daripada bunga kol. Namun, ketersediaan brokoli di pasaran yang relatif sedikit jadi penyebab harga brokoli relatif mahal.

Budidaya brokoli di lapangan relatif lebih susah di bandingkan dengan bunga kol. juga stadium kegagalan yang tinggi membuat sebagian penanam condong lebih menyukai menanam bunga kol daripada brokoli. Namun, dengan adanya metode budidaya dengan cara hidroponik dapat memberikan profit dan menaikkan mutu hasil panen. karenanya pantas di coba 6 metode menanam brokoli dengan system hidroponik guna sarana tanam rockwoll. simak selengkapnya.

1. Menyediakan sarana dan Bahan

tingkat pertama dalam menanam brokoli dengan system hidroponik yakni menyediakan sarana dan bahan seperti pula pada metode menanam jagung dengan sarana kapas , yang pastinya tidak serupa dengan metode menanam secara biasa. sarana dan bahan yang mesti disiapkan ialah :

  • Persiapkan pot tanam dan pot semai.
  • Pakai sarana tanam rockwool guna sarana tanam dan sarana semai .
  • Persiapkan area tumbuhan dengan sanitasi kawasan yang baik dan tidak lembab pula tidak terpapar sinar surya langsung.
  • Persiapkan benih tumbuhan dan area semai yang terpisah dari area tanam.
  • Siapkan cairan zat makanan dan pupuk anorganik ZA, TSP, KCL dan Urea.
  • Air steril dan handsparyer, juga cairan pestisida.

2. Menyediakan bibit Tanaman

Contoh Benih Brokoli

step seterusnya adalah pilih bibit tumbuhan brokoli yang bakal dipakai seperti untuk metode menanam bunga kol dengan hidroponik . Dalam faktor ini,untuk memperoleh bibit yang berkwalitas maka mesti memenuhi kriteria seperti di bawah ini :

  • Bakal tumbuhan haruslah utuh, tidak cacat dan tidak retak.
  • Pastikan bahwa bibit tumbuhan terlepas dari serangan hama dan penyakit.
  • Belilah bibit di kios penjualan bibit yang terpercaya dan beli bibit yang bersertifikat resmi.
  • Daya tunas bibit minimal yaitu 80%.
  • Bibit berasal dari spesies dan kategori yang terang, pula yakni bibit murni dan tidak terbaur dengan jenis lainnya.
  • Menyimpan bibit pada temperatur area dan tidak terpapar sinar surya langsung.

 

3. Menyemai Bibit

sesudah bibit beres, maka tahap kemudian yaitu adalah menyemai bibit seperti pula buat metode menanam oyong hibrida . guna tahap ini yakni tahap pertama dalam menanam brokoli dengan system hidroponik. Berikut tahap penyemaian bibit :

  • Potong-potong sarana dengan ukuran yang tepat deng pot semai.
  • Selanjutnya rendam terlebih dulu sarana rockwoll kedalam air.
  • Sesudah itu, selanjutnya masukkan sarana tanam kedalam pot semai.
  • Selanjutnya guna lubang tanam sedalam 0,5 cm.
  • Seterusnya tanamkan bibit kedalam sarana tanam.
  • Sesudah itu, selanjutnya tutup kembali lubang tanam.
  • 2-5 hari bibit dapat mulai bertunas, jangan lalai buat menyemprotkan cairan zat makanan dan fungisida dosis rendah.
  • Letakkan tumbuhan di area yang terbuka sinar surya selesai tanaman tumbuh.

4. Transplanting tumbuhan Ke sarana tumbuhan Hidroponik

sesudah bakal tumbuhan berusia 3 pekan sesudah tanam. Maka benih mampu cepat dipindahkan ke sarana tanam yang baru seperti juga buat metode budidaya wortel dalam polibag . supaya tumbuhan sanggup berkembang optimal maka tempat berkembang masih mesti diperbesar. Berikut tahap transplanting tumbuhan :

  • Persiapkan sarana tanam rockwoll dengan ukuran yang susuai dengan ukuran pot tanam.
  • Selanjutnya, rendam bagian kedalam air sampai air meresap.
  • Sesudah itu selanjutnya, masukkan sarana tanam kedalam pot tanam.
  • Setelah itu untuk lubang tanam seukuran dengan sarana tanam persemaian.
  • Setelah itu masukkan benih tumbuhan kedalam sarana tanam yang baru.
  • Kemudian jalankan budi daya dan perawatan tumbuhan sampai tumbuhan berkembang dan siap di panen.

5. Perawatan dan budi daya Tanaman

untuk tahap ini perawatan dan budi daya teramat utama seperti buat metode menanam selada hidroponik . faktor ini dimaksudkan supaya tumbuhan mampu berkembang optimal dan menghasilkan bunga. Perawatan dan budi daya yang wajib di jalankan adalah :

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan sewaktu 10-15 hari sesudah musim tanam. Penyulaman dilakukan guna tumbuhan yang mengalami kematian dan tidak tunbuh optimal. faktor ini penting di jalankan supaya tumbuhan mampu berkembang optimal dan membuahkan bunga yang bisa di panen. segera ubah tumbuhan dengan benih yang baru kalau tumbuhan tidak menunjukkan pertumbuhan yang optimal.

  • Penyiraman

Sama seperti pada menanam brokoli dengan cara umum. pendirusan pula jadi faktor yang lumayan genting dan utama di perhatikan. jalankan pendirusan disaat sarana rockwoll tampak garing. janganlah terlalu sering mengguyur lantaran malah dapat memunculkan kebusukan terhadap akar tanaman.

  • Pemberian cairan Nutrisi

pemberian cairan zat makanan mampu dilakukan serempak dengan pendirusan tumbuhan. kadar cairan vitamin yang di berikan disesuaikan dengan stadium pertumbuhan tumbuhan. makin besar ukuran tumbuhan maka dosis yang di berikan pula makin besar. mulai sejak dulu dengan skala 5g/l selanjutnya naik ke 10g/l dan maksimal 15g/l. cairan zat makanan yang diberikan yaitu zat makanan husus sayuran yang sanggup anda temukan dengan gampang di ruko pertanian.

  • Pemupukan

perabukan dilakukan dalam 3 tahap merupakan perabukan awal, perabukan tahap 2 dan perabukan tahap 3. perabukan pertama dilakukan guna waktu tumbuhan berusia 7-10 Hst dengn diberikan pupuk ZA, TSP dan KCL yang diberikan terhadap sarana tanam dengan parameter 1 sdm/tanaman. penyuburan kedua diberikan terhadap diwaktu tumbuhan berusia 20 Hst dengan diberikan type pupuk yang sama dan dosis yang sama. sebaliknya perabukan ketiga dilakukan guna disaat tumbuhan berusia 30-35 Hst dengan type pupuk dan dosis yang sama.

  • Perempelan Tunas

Perempelan cabang di jalankan guna disaat tumbuhan mulai memasuki usia 1 bulan sesudah tanam. faktor ini penting dilakukan supaya tumbuhan sanggup berkembang optimal dan pula sekaligus menghasilkan pertumbuhan tanaman terkonsentrasi guna pembentukan bunga. tunas yang terlampaui banyak dapat membuat tumbuhan terlalu banyak mengkonsentrasikan komponen hara buat pertumbuhan vegetatif tanaman.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Brokoli ialah kategori tumbuhan yang rentan guna serangam berbagai tipe hama dan penyakit. Seperti busuk akar, kutu daun, ulat grayak, busuk lunak, bintik hitam dan bermacam kategori penyakit yang lain. akibatnya guna mengendalikan factor tersebut amat sangat utama upaya penangkalan dilakukan dengan metode menyemprotkan larutan pestisida dengan cara teratur guna tumbuhan. tidak hanya itu pula semprotkan fungisida dikala anda rampung melaksanakan perempelan tunas.

6. Saatnya Brokoli Di Panen

Panen dilakukan dengan kriteria bunga tumbuhan yang sudah menjangkau ukuran maksimal, namun belum mekar sempurna. Panen dilakukan pada pagi hari dengan metode memotong batang tumbuhan dengan menyertakan beberapa helai daun tumbuhan. setelah itu cepat bawa hasil panen ke tempat yang teduh supaya mampu mempertahankan stadium kesegarannya seperti pula pada metode menanam sawi hijau hiroponik .

Itulah tadi, 6 metode menanam brokoli dengan system hidroponik pada sarana rockwoll. jadi pilihan untuk anda yang ini bertanam sayuran namun, mempunyai keterbatasan lahan. metode ini pula adalah metode yang efektif guna dapat memperoleh hasil panen. tidak hanya itu, hasil panen pula lebih berkwalitas dan terbukti kehigenisannya. Selamat coba, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

,