fbpx

5 siasat gampang menanam Cabai di Rumah

01 Juni 2018 - Kategori Blog

pertama tahun disambut bersama tarif cabai yang melangit tinggi, berkisar sela Rp. 100.000 sampai Rp. 120.000 risiko tidak berhasil panen di beberapa lokasi. nyaris seluruhnya rumah tangga dan depot makan di Indonesia menyarankan sambal juga sebagai penyedap masakan. layak bila biaya cabai yang melangit ini sanggup membuat ibu-ibu rumah tangga dan sebagian pedagang berteriak.

Kementerian Pertanian menganjurkan supaya tiap-tiap rumah menaman sendiri cabai rawit di halaman rumah. Beberapa menyampaikan faktor ini bukanlah penyelesaian. malahan kalau kita telisik kembali, kiat menanam cabai yang gampang juga perawatan yang sederhana dapat menopang anda mengurangi biaya belanja sehari-hari.

lalu bagaimanakah metode menanam cabai rawit di halaman rumah?

seharusnya ada 3 step yang mesti dilalui buat menanam cabai rawit di rumah, yakni penentuan bibit, penyemaian dan penanaman. penentuan bibit dan penyemaian dilakukan supaya bibit yang ditanam mempunyai mutu baik.

apabila anda tidak ingin direpotkan dengan penentuan bibit dan penyemaian, anda dapat berbelanja benih cabai dalam kemasan. dengan memanfaatkan benih cabai dalam kemasan, anda bisa segera melaksanakan penanaman dari benih tersebut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • benih cabai
  • sarana tanam
  • Pot berlubang
  • Semprotan
  • Sekop kecil
  • Sarung tangan
  • Pupuk

bagaimanakah metode menanam cabai di rumah?

  1. Siapkan pot dan isi dengan sarana tanam

Pastikan pot berlubang, lubang ini dibutuhkan guna system drainase maka air mampu ke luar dari pot guna menghalangi pembusukan. Isi pot bersama sarana tanam sampai keadaan 5 – 10 cm dari bibir pot.

  1. Tebar benih cabai

lalu tebar benih cabai di atas sarana tanam bersama antara 5 – 10 cm supaya pertumbuhan lebih optimal. Taburkan tipis-tipis sarana tanam di atas bibit.

  1. Guyur dengan air bersih

guyur benih cabai tadi bersama air steril memakai semprotan tumbuhan supaya benih tidak beralih tempat. jalankan penyiraman dua kali sehari pada pagi dan sore hari guna melindungi kelembaban.

  1. Jauhkan pot dari cahaya matahari langsung

Pindahkan pot ke ruangan teduh, hindari cahaya mentari langsung. tutup bersama karung goni basah atau plastik bila dibutuhkan guna melindungi kelembaban. Kelembaban amat sangat dibutuhkan bagi proses pertumbuhan pertama ini.

  1. Pisahkan benih tanaman

sesudah hari keempat, daun-daun bakal mulai berkembang. anda mampu mengamankan benih ke dalam pot lain. Berhati-hatilah disaat memindah tumbuhan cabai ini, janganlah sampai merusak akarnya, pindahkan pula sebagian sarana tanam ke dalam pot baru yang sudah diisi bersama sarana tanam sampai 3/4 penuh. lalu tempatkan tumbuhan dan tambahkan tanah juga disekelilingnya. siram sehari 2 hali memakai semprotan, di pagi dan sore hari.

Panduan & Tricks

lihat ketika disaat penanaman dan pemindahan benih, diwaktu paling baik yaitu sebelum jam 9 pagi dan sesudah jam 4 sore. perihal ini guna menghindari stress-nya tumbuhan akibat perpindahan sarana tanam dan temperatur udara.

pemakaian sarana tanam di pertama penanaman dapat lebih praktis sebab sudah di lengkapi dengan sekam dan pupuk kompos yang merupakan zat makanan pertama untuk tanaman.

Tambahkan pupuk sebulan sekali guna melindungi produktivitas tanah. pakai pupuk organik atau pupuk kusus buah supaya pertumbuhan bisa lebih optimal.

cukup gampang bukan metode menanam cabai sendiri di rumah? sekarang anda tidak pula terusik lagi dengan biaya cabai rawit yang melangit tinggi. anda bisa menuai cabai di bulan ke3, dan bila dilakukan perawatan yang sesuai seperti penyiraman, pemberian pupuk dan penyemprotan fungisida, maka tanaman cabai bakal bertahan lama.

Yuk mulai menanam cabai di rumah!