5 Pupuk Organik untuk Tanaman

20 Maret 2021 - Kategori Blog

5 Pupuk Organik untuk Tanaman, Yang bisa Dibuat Sendiri

pupuk organik

Selain dari penyiraman dan cahaya matahari, tanaman juga sangat membutuhkan nutrisi untuk memastikan pertumbuhan yang baik. Nutrisi sendiri dapat diberikan dengan pemupukan. Ada macam-macam pupuk untuk tanaman antara lain pupuk kimia dan pupuk organik.

Banyak yang berpendapat bahwa pupuk organiklah yang lebih baik untuk tanaman, karena tidak dibuat dari bahan-bahan kimia, tetapi terbuat dari sisa-sisa makhluk hidup. SO, Sahabat yang ingin memberikan pupuk pada tanaman, tidak perlu membeli lagi di toko bahan-bahan tanaman. Karena, Sahabat bisa membuat pupuk organik sendiri di rumah, beberapa di antaranya bahan pembuatan sangat mudah diperoleh.

Berikut dari beberapa pupuk organik terbaik yang bisa dibuat sendiri untuk tanaman di rumah.

  1. Gulma

8 pupuk organik

 

 

 

 

 

Sama seperti potongan rumput, banyak gulma yang dapat ditemukan di kebun sangat tinggi nitrogen dan akan menjadikan pupuk yang sangat bagus dan baik.

  1. Dari Kotoran hewan

8 pupuk organik

 

 

 

 

 

Kotoran/feses berasal dari beberapa sumber, seperti kuda, sapi, ayam, dan bahkan dari kelelawar. Dari setiap jenis pupuk kandang yang tinggi akan nitrogen dan nutrisi lainnya, tetapi Sahabat harus menggunakannya dengan hati-hati ya.

  1. Daun yang sudah jatuh dari pohon

8 pupuk organik

 

 

 

 

 

Jangan membuang dedaunan yang berguguran, kumpulkan untuk kebun. Daun yang kaya akan unsur mineral, sangat menarik cacing tanah, bisa mempertahankan kelembaban, dan membantu meringankan tanah yang berat. Sahabat dapat menggunakan daun sebagai pupuk dengan dua cara, yakni :
1. Mengolah ke dalam tanah (atau mencampurkan daun yang dihancurkan ke dalam pot tanah), 2. Menggunakannya sebagai mulsa untuk menyuburkan tanaman dan mencegah gulma.

  1. Kulit pisang

8 pupuk organik

 

 

 

 

 

Kita memakan pisang karena potasiumnya, dan tanaman juga menyukai potassium tersebut. Salah satu tanaman yang menyukai potasium adalah mawar. Cukup kubur kulit pisang di lubang di samping rumpun mawar agar menjadi kompos secara alami. Saat mawar tumbuh, kubur kulitnya ke lapisan atas tanah. Kedua pendekatan ini akan menyediakan kalium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang tepat.

  1. Potongan rumput

8 pupuk organik

 

 

 

 

 

Jika Sahabat memiliki halaman dengan banyak rumput, pastikan untuk mengumpulkan dari potongan rumput untuk digunakan di kebun. Setengah hingga satu inci potongan rumput bisa menjadi mulsa pemblokir gulma yang bagus, dan kaya akan nitrogen, yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman.

 

Berikut dari pupuk organik untuk tanaman, Yang bisa Sahabat bikin sendiri di rumah untuk tanaman sahabat. Sudah tidak perlu lagi mengglontorkan biaya hanya untuk pupuk, karena sahabat bisa membuat sendiri dengan bahan yang sangat aman dan sangat alami ini.

Link Pembahasan Sebelumya, jangan liwatkan infonya :
Blog kami : https://sumberplastik.co.id/blog/

Customer Service :

– 08563179890 ( cs1 )
– 082143578739 ( cs2 )

 

, , , , ,