fbpx

4 Metode Menanam Bok Choy Paling Gampang di Halaman Ladang Sendiri

11 Oktober 2018 - Kategori Blog

Buat anda yang menyukai dengan makanan olahan berbahan dasar sayur tentu tahu dengan type sayur yang satu ini. Bok choy yakni salah satu kategori sayur yang paling banyak diminati orang dan tidak sama bila anda melihat metode Mencangkok supaya segera tumbuh Akar, ini adalah salah satu kategori sayuran hijau.

 

dengan cara ilmiah bok choy sendiri mempunyai nama Brassica rapa var. Parachinensis dan ialah tumbuhan dari keluarga sawi- sawian, maka tidak kaget bila bentuknya menyamai sawi pada umumnya. Sayuran ini sendiri banyak dicari di pasaran, harganya yang hemat juga banyaknya khasiat dari sayur bok choy menjadi alasan tersendiri.

Bok choy sendiri ialah salah satu type tumbuhan pertanian yang telah banyak sekali di budidayakan di Indonesia. metode membudidayakannya bermacam- macam mulai sejak dari metode tradisional di ladang, sampai metode aqua ponik maupun hidroponik.

metode menanam yang gampang dan gampang beradaptasi yaitu salah satu keutamaan lain dari sayur bok choy ini. bok choy amat sangat gampang berkembang di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan temperatur yang panas sekalipun meskipun dapat lebih baik jikalau usaha budidaya dilakukan di dataran tinggi sama halnya jikalau anda mengembangbiakkan sayuran pada umumnya.

apabila anda menanam bok choy di dataran sejuk seperti di pegunungan maupun bukit, maka bok choy bakal segera berkembang. Dan sedangkan apabila anda menanamnya di dataran rendah dengan temperatur yang relatif panas tidak sama dengan metode Budidaya Daun Bidara, bok choy bakal melahap diwaktu sedikit lama buat berkembang. awal mula bok choy sendiri dari dataran tinggi di wilayah tiongkok di mana banyak sekali petani yang menanamnya dibanding dengan sayuran yang lain. Namun seiring berkembangnya era perdagangan dan pertanian, bok choy mulai dijual dan dibudidayakan di Indonesia.

Adapun keunikan dari tumbuhan bok choy yang butuh anda ketahui, tumbuhan bok choy ialah sayur dengan wujud roset disaat pertumbuhannya telah mulai di tandai dengan adanya daun ke-3 dan seterusnya. Batangnya sendiri lumayan tebal, mengandung banyak air namun tidak berkayu. Adapun daun yang condong berbentuk elips terhadap bidang ujung yang umumnya tumpul dengan warna daun cenderung hijau segar. disaat menjelang berkembang maka watak roset pada bok choy agak lenyap dan lebih memperlihatkan batangnya.

Metode menanam Bok Choy

guna bunganya sendiri nyaris serupa dengan bunga sawi yang berukuran kecil dan tersusun dengan cara majemuk. mahkota bunga bok choy sendiri berwarna kuning dan berjumlah 4 helai. Adapun buah bok choy menyamai polong dengan 2daun buah di sekelilingnya. Dan berikut yaitu metode menanam bok choy dengan gampang dan praktis, diawal mulanya butuh anda tahu buat menanam bok choy anda dapat pilih sarana tanam yang anda sukai. Ada 2 type sarana tanam, dan berikut penjelasannya.

1. Sarana tanam Bok Choy

jalan awal yang mesti anda jalankan dalam metode menanam bok choy yakni menciptakan sarana tanam, namun anda pula mesti tahu menyangkut syarat berkembang bok choy terlebih dulu. guna syarat tumbuhnya sendiri berlainan dengan metode Budidaya Ayam Kate, bok choy mampu berkembang dengan baik guna tanah yang subur dan mempunyai penerangan yang lumayan juga irigasi yang baik. sesudah itu anda mampu menciptakan sarana tanamnya yang merupakan berikut:

  • sesudah anda pilih tempat yang sesuai, anda bisa jalankan usaha penggemburan daerah untuk sarana tanam. untuk itu, galilah daerah dengan kedalaman kurang lebih 20- 30 cm.
  • Buatlah bedengan yang kelak dapat jadi sarana tanam bok choy guna lahan selebar 2 m, guna panjangnya sendiri anda dapat menyesuaikannya dengan panjang lahan.
  • janganlah lalai buat menciptakan system drainase yang baik ialah dengan menciptakan saluran air di sela- sela bedengan selebar 50 cm. ini bermaksud supaya air tidak menggenang disaat terjadi hujan maupun diwaktu metode penyiraman.
  • sesudah bedengan selesai, ratakan bidang permukaan bedengan dan laksanakan usaha perabukan dengan pupuk kandang guna sarana tanam untuk menutrisi tanah supaya lebih subur.
  • guyur sarana tanam bok choy yang telah menjadi dengan air supaya daerah jadi lebih padat, maka pupuk mampu terserap dengan baik.

2. Benih Bok Choy

jalan seterusnya dalam metode menanam bok choy adalah lakukan penyemaian, dan terlebih dulu anda mesti sediakan bibit bok choy.

bibit bokchoy sanggup anda peroleh dari kios bibit maupun koperasi. Dan berikut adalah metode menyemai bibit supaya berkembang jadi benih yang berkwalitas dan pantas tanam :

  • guna menyemai, anda mampu menciptakan sarana semai terlebih dulu. anda dapat membuatnya di tanah dengan cara terpisah dengan sarana tanam maupun menyemainya di wadah berbentuk tray maupun polybag.
  • Campur tanah yang mempunyai tekstur halus dan gembur dengan pupuk kompos banyaknya 1 : 1.
  • Rendamlah bibit ke dalam cairan Previkur N dengan konsentrasi 0.1 sewaktu 2 jam lalu keringkan memakai tisu.
  • sesudah itu taburkan bibit pada permukaan sarana tanam yang sudah anda siapkan dengan celah kurang lebih 9 cm dan tutup dengan tanah sintesis kompos secara tipis. Dalam tiap-tiap titik, anda dapat menebarkan banyaknya 2 – 3 bibit bok choy.
  • laksanakan metode pendirusan dan letakkan sarana tanam pada tempat dengan penerangan lumayan sampai bibit jadi bibit dengan karakteristik mempunyai daun banyaknya 3 helai.

3. Pemindahan benih Bok Choy

sesudah bibit beralih jadi benih dengan daun banyaknya 3 helai, jalan seterusnya dalam metode menanam bok choy yakni lakukan pemindahan.

Ini pastinya supaya bok choy sanggup berkembang dan tumbuh dengan baik tidak sama dengan metode Budidaya Burung Kacer, dan berikut penjelasannya :

  • pertama, pilihlah benih bok choy yang berkembang dengan baik dan tidak cacat lalu pisahkan dari sarana semai.
  • guna memisahkannya dapat lebih baik bila anda memakai sarana supaya lebih berhati- hati, usahakan janganlah sampai menghasilkan akar bok choy rusak.
  • sedikit goyangkan buat membersihkan akar dari tanah sarana semai. sesudah itu buatlah lubang tanam guna bedengan.
  • guna lubang tanam yang ada berilah celah kurang lebih 30- 50 cm supaya tumbuhan bisa bebas berkembang dengan baik. tidak hanya itu ini dapat membantu anda dalam panen dan merawatnya.
  • Masukkan benih ke dalam lubang tanam dan tutup lubang tanam dengan tanah sintesis pupuk, jangan sampai lalai guna sedikit memadatkannya supaya benih sanggup berdiri kokoh.

4. Perawatan Bok Choy

tidak cuma menanam, adapun metode cocok guna memelihara tumbuhan bok choy anda supaya sanggup berkembang dengan baik dalam metode menanam bok choy. Perawatannya amat gampang dan praktis, maka anda tidak butuh bimbang. Berikut penjabaran singkatnya:

  • jalankan perabukan lanjutan sesudah anda menanam bok choy tiap-tiap 2 pekan sekali memakai pupuk NPK. guna pertama kali menebar pupuk, anda dapat memulainya disaat bok choy telah berusia 12 hari sesudah musim tanam.
  • jalankan pendirusan dengan cara rutin supaya tumbuhan bok choy anda senantiasa segar, guna pendirusan anda dapat menyesuaikannya dengan keadaan kelembaban tanah maupun cuaca.
  • Semprotkan pestisida secukupnya guna mengatasi hama ulat, kutu loncat, tawon, dan siput.
  • periksa senantiasa keadaan sarana tanam meliputi bedengan dan saluran drainase yang sudah anda buat, pastikan bahwa keadaannya senantiasa baik.

5. Panen Bok Choy

guna periode panen bok choy sendiri kurang lebih 40 – 60 hari sesudah disemaikan atau kurang lebih 25 – 30 hari sesudah musim tanam dari bibit.

Dalam metode menanam bok choy berlainan dengan metode menanam Cabe di periode Hujan, adapun jalan buat memanennya dengan cocok :

  • Panenlah bok choy yang mempunyai bidang pangkal sehat, daun berkembang subur juga berdaun hijau dan jangan sampai panen bok choy yang rusak dikarenakan tidak baik buat dimakan ataupun di jual.
  • guna memanennya anda dapat mencabut bok coy dari akarnya dengan perlahan, jangan sampai hingga pangkal daun pada bok choy rusak.
  • kerusakan untuk pangkal bisa menurunkan harga bok choy di pasaran, butuh anda ketahui juga bidang pangkal bok choy amat sangat rapuh dan gampang rusak.

Itulah langkah- langkah gampang dan praktis dalam metode menanam bok choy, jalankan dengan pas dan cermat supaya anda berhasil dalam menanam bok choy. mudah-mudahan berita di atas bisa berguna bagi anda. Selamat mencoba.

, , ,