3 Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman di Pekarangan Rumah

20 Mei 2021 - Kategori Blog

Mengatasi hama pada tanaman bisa di lakukan dengan bahan kimia dan bahan alami, kendala yang sering di hadapi ketika menanam tanaman baik di lahan maupun di sekitar rumah adalah pada hama.

Bercocok tanaman adalah salah satu kegiatan mengisi hari-hari saat musim wabah seperti ini

Karena pembatasan pademi covid 19 menyebabkan terganggu nya beberapa sektor Ekonomi,perdagangan,distribusi,dan pangan banyak masyarakat kembali lagi ke sektor pertanian. masyarakat banyak kembali lagi dengan hobi berkebun dirumah untuk mengisi kesibukan, selain itu manfaat menanam sayuran atau buah buahan juga dapat memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarga dirumah.

Bahkan banyak yang sudah mulai menanam tanaman obat obatan seperti empon-empon, dari sini tidak sedikit juga orang yang mulanya hanya hobi kini malah menjadi sektor bisnis baru, dari kegiatan menanam bisa menjadikan pundi pundi rupiah yang bisa di bilang lumayan.
Manfaat bercocok tanaman sangat bagus salah satunya menghilangkan setress, banyak yang beranggapan bercocok tanam itu mudah ada juga yang menganggap sulit,  dalam merawat tanaman selalu saja ada masalah salah satunya hama pada tanaman yang mengakibatkan tanaman tidak tumbuh dengan maksimal.

3 Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman

Penyakit pada tanaman tergolong cepat menyebar jika tidak segera di tanggulangi berikut ini cara yang sering di gunakan untuk menanggulangi hama pada tanaman

1. Cara Alami

Jika tingkat serangan hama pada tanaman tidak terlalu ‘parah’ contohnya seperti hanya ada belalang dengan beberapa ekor saja di tanaman misal hanya 4-5 ekor tiap satu pohon tanaman, maka cara alami tentu lebih cocok di lakukan

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil satu per satu dengan tangan untuk mengambil langsung hama yang menyerang. Bisa juga menggunakan  alat seperti pinset atau bisa memotong bagian dahan pohon yang terserang hama kemudian membuangnya jauh jauh dari lingkungan tanaman agar penyakit tidak mudah menyebar ke tanaman yang lain.

2. Cara Manual Menanam Tanaman Penangkal Hama

Tanaman yang dipercaya bisa mengusir hama pada tanaman adalah bawang putih, tagese ( marigold), dan juga tanaman mint. Tanaman tersebut dipercaya mengeluarkan senyawa alami yang baunya tidak disukai oleh hama pengganggu seperti serangga

Jadi jika Anda menanam tanaman dirumah jangan lupa ‘mengatasi hama‘ dengan menanam penangkal hama juga di sekitar rumah, bisa juga ditanam di samping tanaman sayuran atau buah yang di tanam, tips seperti ini biasanya digunakan pada sistem tanaman hortikultura seperti sawi,bayam,brokoli dan juga wortel dan lain lain

Link Pembahasan Sebelumya, jangan liwatkan infonya :
Blog kami : https://sumberplastik.co.id/blog/

Customer Service :

– 08563179890 ( cs1 )
– 082143578739 ( cs2 )

3. Cara Mengatasi Hama Dengan Pestisida

Mengatasi hama juga bisa menggunakan bahan pestisida yang alami, demi melindungi tanaman tercinta, cara ini dipercaya cukup murah meriah karena bisa di buat sendiri dirumah.
Bahan baku yang bisa Anda gunakan bisa di temukan di dapur rumah, apa itu??

Yaa.. seperti cabai merah dan bawang putih bisa Anda manfaatkan untuk mengusir hama, untuk membuatnya cukup mencampur kedua bahan tersebut yang sudah di campur dengan air, Lalu rendam cairan tersebut selama satu malam, setelah itu saring agar ampas tidak ikut, kemudian encerkan dengan air agar hasil bisa merata. cara ini bisa di semprot kan ke tanaman atau di siram kan bagian pangkal pohon tanaman.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan namun hasil tetap tidak maksimal, kami juga menyediakan obat pengusir hama yang sudah jadi dan siap pakai mau yang organik atau non organik juga ada berikut cara melihat produknya tinggal klik disini 

Baca Juga :

Selamat Menanam Sayuran Dirumah

Berikut cara mengatasi hama pada tanaman yang di tanam di sekitar rumah, manfaat bercocok tanaman selain menghilangkan stress, hikmah yang bisa kita dapat dari kejadian pedemi ini  adalah selain ahli bercocok tanam Anda juga banyak pengalaman bagaimana cara mengatasi hama penyakit tanaman yang menyebar ke seluruh tanaman.

, , , , ,