3 Cara Membuat Pupuk Kompos Paling Bagus Digunakan

17 April 2021 - Kategori Blog


pupuk kompos organik

3 Cara Membuat Pupuk Kompos Paling Bagus Digunakan

SUMBERPLASTIK.CO.ID – Pupuk kompos adalah jenis pupuk yang terbuat dari daur ulang sampah. Contohnya sampah makanan atau sampah organik lainnya.
Metode yang paling bagus dari semua cara pembuatan pupuk kompos adalah dengan menggunakan aerobik atau menggunakan oksigen.

Saat Anda buang sampah secara tidak langsung sampah yang Anda buang menghasilkan gas metana yang berpotensi jadi gas rumah kaca. Untuk menghindari penumpukan gas metana Anda bisa hindari dengan mengelola menjadi pupuk organik. Secara tidak langsung Anda sudah mengurangi 25% hingga 50% sampah organik, sehingga produksi gas metana berkurang.

Manfaat Pupuk Kompos

Pupuk kompos sendiri memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan tanaman, Baik sayuran maupun buah buahan. Selain itu pupuk kompos juga menambah zat organik dalam tanah sehingga tanaman yang di tanaman dengan media pupuk kompos organik bisa tumbuh lebih subur.

Selain itu pupuk kompos bisa menyeimbangkan PH tanah, Mengontrol suhu tanah, mengurangi erosi tanah dan mengurangi erosi pada tanah, Tanaman juga dapat menyerap nutrisi dengan baik dan maksimal.

Hal yang bisa Anda rasakan jika rutin menggunakan pupuk kompos untuk tanaman adalah hemat biaya pengeluaran. Tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli pupuk.  Semua bisa di kerjakan sendiri dengan mandiri.

Bagaimana cara membuat pupuk organik yang paling top?

Siapkan Wadah
Fungsi dari wadah sendiri adalah untuk pemisah sampah seperti sayuran buah kulit telur, bubuk teh atau bubuk kopi. Sebaiknya siapkan dua Wadah agar jika salah satu wadah terisi penuh Anda masih punya wadah sampah lain yang bisa menampung sampah.

Tambahkan Daun Kering
Setelah menempatkan sampah organik tadi. Tambahkan daun kering ke wadah daun kering sendiri berguna untuk mengontrol kelembaban pada wadah, selain daun kering Anda juga bisa memanfaatkan serbuk gergaji.

Kasih Unsur Mikroba
Selanjutnya kasih pupuk mikroba agar sampah dapat terurai, banyak sumber mikroba yang bisa Anda dapat dari beberapa sumber mikroba, seperti  kotoran sapi kompos setengah jadi atau bisa juga mentega susu.

Keuntungan yang paling utama dari pupuk kompos yang di buat secara aerobik adalah Anda bisa mengatur bau busuk yang keluar dari sampah. Selain itu dengan cara aerobik juga bisa mencegah munculnya belatung.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi beberapa lubang pada wadah sampah organik. Kedua aduk sampah dalam wadah setiap empat hari atau satuminggu sekali.
pupuk akan siap di pakai jika sudah umur 40-45 hari. Hal yang perlu di perhatikan adalah dengan menjaga kelembaban dan terus menumpuk sampah organik yang baru.

Semoga artikel ini dapat membantu sobat pertanian semuanya

 

Link Pembahasan Sebelumya, jangan liwatkan infonya :
Blog kami : https://sumberplastik.co.id/blog/

Customer Service :

 08563179890 ( cs1 )
 082143578739 ( cs2 )

, , , , , , , ,