10 Cara Budidaya Melon Menggunakan Polybag Yang Benar

20 April 2021 - Kategori Blog

Cara Budidaya Melon Menggunakan Polybag Yang Benar

10 Cara Budidaya Melon Menggunakan Polybag Yang Benar

Buah melon adalah buah yang banyak di minati orang. selain rasanya yang manis buah melon melon juga sangat enak jika di baut jus atau es buah. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk budidaya buah melon menggunakan polybag.

Banyak yang belum tau cara budidaya buah melon ternyata tidak perlu menggunakan lahan yang luas atau terbuka, ternyata buah melon dapat ditanam di lahan sempit seperti pekarangan rumah.

Bayangkan sendiri bagaimana tidak menarik jika Anda bisa menanam sendiri di pekarangan rumah. Selain itu saat ini harga buah melon lumayan tinggi di pasaran.

Yuk.!! luangkan waktu Anda sebentar untuk mempelajari bagaimana cara tanam buah melon di halaman rumah.

Menanam melon di depan rumah bisa menghasilkan ruang yang hijau dan terkesan bagus untuk lingkungan. Jika di bandingkan melon yang Anda beli dan Anda tanam sendiri tentu menghasilkan rasa kepuasan tersendiri. Berikut ini cara budidaya melon di polybag

1. Syarat Tumbuh Melon

  • Tanaman melon bisa tumbuh pada ketinggian 250 – 800 meter
  • iklim hujan antara 1.500 – 2500 mm/tahun
  • kelembaban udara antara  50- 70%
  • jenis tanah kompatible untuk melon adalah tanah liyat berpasir

2. Persiapan Media Tanam

Media tanam melon pertama tama siapkan dahulu polybag dengan ukuran sesuai kebutuhan. Bisa pakai polybag ukuran 30×30  kemudian siapkan media tanamnya dengan susunan tanah, pupuk kandang, arang sekam dengan masing- masing perbandingan 1:2:3 masukan media tanam yang sudah di campur ke dalam polybag

Kemudian tambahkan pupuk tambahan 5 gram Furadan, 20 gram NPK, 1 liter humic acid, campur rata.
tujuan menggunakan bahan bahan tersebut adalah untuk membantu agar kecambah yang nanti di masukan tidak mengalami ganguan penyakit pada tanaman.

3.Persiapan Bibit Melon


Jika sudah membeli bibit melon, rendam dahulu di air yang sudah di beri fungisida selama satu malam ( 12 jam ). Jika sudah di rendam dengan air fungisida selama kurang lebih satu sampai dua menit, Kemudian tiriskan benih melon di atas koran atau kertas. Lanjut simpan benih di tempat yang gelap selam 12 – 14 hari hingga berkecambah berdaun kemudian pindah ke polybag.

4. Penanaman

Penanaman bisa di lakukan setelah benih berumur 1-2 minggu jika sudah daun nya baru di pindah ke polybag. Sebelum benih di pindahkan sebaiknya media tanaman polybagnya di siram air dulu. Penanaman lebih baik di lakukan pada pagi dan sore hari. Jangan terlalu siang karena bisa membuat tanaman stres kekurangan air.

5.  Pemasangan Ajir Atau Penyangga tanaman

 

Ajir atau lanjaran di pasang jika umur umur melon sudah mendekati usia 5- 8 hari setelah masa awal tanam. sembari di atur arah rambatannya

7. Pemangkasan Daun Dan Pemilihan Buah

Pemangkasan cabang ini bertujuan untuk memilih bakal buah yang akan dibesarkan. Pemangkasan ini bisa dikatakan sangat penting karena akan mempengaruhi pertumbuhan buah
hal ini dilakukan bertujuan untuk menurunkan produktifitas tanaman.
Pemangkasan dilakukan setiap hari karena pertumbuhan melon sangat cepat. Calon buah yang di pilih terletak pada cabang 7-12 dan dipilih satu yang ingin dibesarkan, sedangkan lainnya dilakukan untuk pemangkasan. atau cabang yang muncul dari ketiak daun pertama sampai ke delapan, lantas daun ke sembilan sampai ke tigabelas dibiarkan hingga 17 batang

8. Pemupukan

Cara budidaya melon dalam polybag setelah melakukan pemangkasan cabang langkah selanjutnya adalah pemupukan. langkah dasar bisa menggunakan pupuk mutiara diberikan pada saat mengisi media tanam pada polybag.
Lakukan pemupukan selanjutnya dengan NPK 16:16:16 dan KNO3 dengan cara di taburkan sekeliling media tanam. ingat jangan sampai mengenai tanaman karena jika tanaman tidak kuat maka akan kering. sifat pupuk sendiri panas, makanya jangan sampai terkena tanaman.
lanjut pemupukan di hari ke-14 (NPK), 24 (NPK), 34 (NPK), 44 (NPK), dan 54 (KNO3) demgam dosis masing-masing 10 gram / polybag, untuk KNO3-nya 1g/liter, 1 liter/pot.

9. Pengendalian Hama dan Penyakit

Cara budidaya melon Untuk mengatasi penyakit bisa di bantu dengan menggunakan insektisida ataupun membuang hama dengan cara manual seperti membuang ulat yang menempel pada daun melon. Cara terbaik mencegah penyakit bisa menggunakan fungisida sistemik. penggunaan bisa di kasih perekat daya sebaik perekat daun jika sedang memasuki musim hujan.

10. Pemanenan

Panen bisa di lakukan jika buah melon sudah berumur 20 hari. pada masa ini tanaman melon sudah bisa di seleksi untuk di lanjutkan di pelihara hingga hari ke 60 setelah masa tanam untuk dipanen. Ciri-ciri buah yang siap di panen warnanya mulai putih kekuningan, pada tangkai terdapat cincin atau retak. Tercium bau aroma  yang harum dari melon

 

Link Pembahasan Sebelumya, jangan liwatkan infonya :
Blog kami : https://sumberplastik.co.id/blog/

Customer Service :

– 08563179890 ( cs1 )
 082143578739 ( cs2 )

 

, , , , , ,